26 April, 2013

Olahraga untuk Investasi Hari Tua

Olahraga di usia muda adalah investasi untuk hari tua. Bila tubuh tidak sehat di masa tua maka materi lambat laun juga akan habis untuk biaya kesehatan saja, kesehatan di masa tua ini, terutama bagi kaum hawa sangat penting dijaga dengan rutin berolahraga sejak usia muda.

     Investasi kesehatan murah-meriah yang bisa dipilih adalah dengan rutin berolahraga. Nah, bagaimana makna sebenarnya dari olahraga rutin ini dan apa jenis olahraga yang pas? Penyuluh Kesehatan, Ernany Tito menyebut senam adalah salah satu olahraga yang pas buat perempuan. Namun menurut Nany, begitu wanita ini akrab disapa, senam yang sehat bagi tubuh adalah senam yang sesuai proporsi, baik dari segi kebutuhan maupun waktu.


     ''Setidaknya untuk kesehatan tubuh, senam dilakukan tiag kali seminggu. Agar maksimal sekali senam menggunakan durasi satu jam, dan senamnya tidak boleh putus-putus, harus rutin,'' sebutnya. Lanjut Nany, dalam satu jam senam terbagi ke dalam sepuluh menit pemanasan, lima menit peregangan , sepuluh menit pendinginan dan relaksasi sementara sisanya untuk senam inti.

     Banyak manfaat senam bagi kesehatan tubuh, seperti untuk menurunkan berat badan atau membentuk tubuh yang ideal. Sama halnya dengan investasi keuangan yang menuntut kesabaran dan ketelitian, maka berolahraga seperti senam juga membutuhkan kegigihan dan rutinitas.

     ''Kalau mau membentuk berat badan yang ideal, minimal harus empat bulan terus menerus tampa berhenti, karena otot itu baru mulai terbentuk pada bulan keempat,'' kata Nany yang juga pemimpin sanggar Senam Pesona ini. Selain menjaga berat badan, ternyata senam juga bisa menjaga kesehatan tulang.

     ''Senam secara rutin itu adalah investasi kesehatan. Bayangkan, tulang orang yang rutin senam akan dua belas tahun lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak melaukan senam. Karena diantara manfaat senam itu adalah untuk menguatkan tulang punggung, semua penyakit berasal dari tulang punggung,'' sebut Nanny.
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment