Skip to main content

Fakultas Ilmu Budaya UI

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu Fakultas Ilmu Budaya terbaik di Indonesia saat ini. Terdepan dalam mencetak ahli budaya dan seni terbaik di Indonesia di masa mendatang. Sebagai informasi tambahan, berikut adalah data dan fakta terakhir Fakultas Ilmu Budaya UI yang bisa dijadikan referensi.

Profil Fakultas Ilmu Budaya UI
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, FIB UI
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia semula bernama Fakultas Sastra UI. Fakultas Sastra dibuka pada tanggal 1 Oktober 1940 berdasarkan SK pendirian dengan nama Faculteit det Leterren end Wijsbeegerte. Kuliah perdana dimulai pada tanggal 4 Desember 1940 di gedung Rechts Hogeschool di Jalan Merdeka Barat 13, Jakarta Pusat (sekarang menjadi Departemen Pertahanan dan Keamanan). Pada waktu itu fakultas membuka empat jurusan, yaitu Jurusan Sastra Indonesia, Jurusan Ilmu-ilmu Sosial, Jurusan Ilmu-ilmu Sejarah dan Jurusan Ilmu Bangsa-bangsa.

Melalui SK Rektor UI No. 266/SK/R/UI/2002 yang ditetapkan 27 Juni 2002, akhirnya Fakultas Sastra UI secara resmi berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI. Sejak diresmikannya nama tersebut, diadakan penyesuaian yang seiring dengan rencana pengembangan Universitas Indonesia sebagai Universitas Riset sekaligus Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Lima belas jurusan yang ada di FIB-UI tersebut disesuaikan menjadi program studi. Sementara itu, dibentuk tujuh departemen, yaitu Departemen Arkeologi, Ilmu Sejarah, Linguistik, Ilmu Susastra, Ilmu Filsafat, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, dan Departemen Kewilayahan yang tugas utamanya adalah merencanakan dan mengembangkan bidang masing-masing.

Pimpinan Fakultas Ilmu Budaya UI
Dekan : Dr. Bambang Wibawarta
Wakil Dekan : Dr. Risnowati Martin
Sekretaris Fakultas : Rahadjeng Pulungsari, M.Hum
Manajer Pendidikan : Dr. Untung Yuwono
Manajer Penelitian & Pengabdian Masyarakat : Dr. Agus Aris Munandar
Manajer SDM dan Fasilitas : M. Yoesoef, M.Hum
Manajer Mahalum : Albert Roring, M.Hum
Manajer Keuangan : Pangulu Saat, S.E

Informasi Fakultas Ilmu Budaya UI
Kampus UI, Depok 16424
Telp : 021 – 7863528, 7863529, 7270009 (Humas & Informasi)
Fax : 021 – 7270038
Email : humas1@ui.ac.id
Website : http://fib.ui.edu

Comments

Paling Banyak Dibaca