11 August, 2011

Keutamaan Qiyamullail

Keutamaan qiyamullail memiliki keistimewaan yang sangat jarang ada pada amalan dan ibadah lainnya. Kita perlu mengetahui apa-apa saja yang menjadi keutamaan qiyamullail agar kita bersemangat dalam melaksanakan ibadah yang satu ini. Qiyamullail merupakan upaya mendirikan malam melalui bermacam-macam ibadah malam. Ibadah di malam hari bisa dalam bentuk shalat, tilawah, zikir dan sebagainya. Intinya adalah bahwa qiyamullail berupaya untuk menghidupkan malam melalui ibadah-ibadah kepada Allah swt.

Keutamaan qiyamullail sangat besar dibandingkan ibadah lainnya. Sebab pada kondisi malam hari yakni pada waktu mansia tertidur nyenyak, sangat jarang manusia yang mau bangun lalu melakukan ibadah kepada Allah swt. Kebanyakan manusia lalai, mereka kelelahan karena disibukkan dengan urusan dunia pada siang harinya. Berikut ini beberapa keutamaan qiyamullail yang bisa dirasakan oleh orang-orang yang melakukannya:

1. Qiyamullail merupakan energi yang akan dipakai di siang hari
Keutamaan qiyamullail akan berdampak pada energi ruhiyah yang akan kita miliki di siang hari. Dengan ibadah qiyamullail yang mantap di malam harinya, insya Allah akan diberi kemudahan banyak hal di siang harinya. Kita pun akan memiliki kekuatan ruhiyah yang kuat meski kekuatan jasadiyah kita lemah.

2. Qiyamullail menyehatkan tubuh
Keutamaan qiyamullail yang lainnya adalah pada aspek kesehatan. Melakukan gerakan shalat, bangun di sepertiga malam akan sangat memberi energi yang besar pada kesehatan tubuh. Semua penyakit dapat di atasi dengan ibadah yang rutin kepada Allah. Kenapa Rasullullah hanya sekali sakit dalam hidupnya? Hal itu tak lain disebabkan oleh tingkat ibadah Rasulullah yang luar biasa.

3. Memperoleh balasan pahala dan syurga
Keutamaan qiyamullail yang paling besar dan paling diharapkan manusia adalah pahala dan syurga. Buah dari ibadah yang penuh pengorbanan tak lain adalah kenikmatan abadi di syurga kelak.
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment