11 July, 2011

Makanan yang menurunkan Kolesterol

Makanan yang menurunkan Kolesterol, Makanan penurunkan KolesterolMakanan-makanan yang menurunkan Kolesterol - Terdapat sejumlah makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang di kenal dengan nama LDL (Low-Density Lippoprotein. Meningkatnya kadar kolesterol dapat menyebabkan plak di pembuluh darah. Untuk mengatasi tingkat kolesterol yang meningkat disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menurunkan kolesterol dimana mengandung lemak tak jenuh. Berikut adalah makanan-makanan yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol :

1. Kacang kedelai
Kacang kedelai adalah makanan yang dapat menurunkan kolesterol karena megandung isoflavon. Kacang kedelai sering di olah menjadi tahu, tempe dan susu kedelai. Pengolahan kacang kedelai seringkali mengurangi keefektifannya dalam menanggulangi kolesterol. Mengkonsumsi kacang kedelai 25 gram sehari dapat menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Konsumsi yang teratur dapat mencegah penyakit jantung.

2. Bawang Putih
Mekanisme bawang putih sebagai makanan yang menurunkan kolesterol dalah dengan mencegah mencegah partikel kolesterol menempel di pembuluh darah.

3. Ikan Salmon
Sebagai salah satu makanan yang menurunkan kolesterol, ikan Salmon adalah salah satu makanan yang kaya akan Omega-3. Mengkonsumsi ikan salmon setidaknya dua porsi seminggu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mengkonsumsi Omega-3 terbukti dapat menurunkan penimbunan plak di pembuluh darah dan juga dapat mengencerkan darah. Selain ikan salmon, ikan tuna, trout, sarden, makarel dan hering juga kaya akan asamn Omega-3

4. Bayam
Kandungan Lutein dalam bayam dapat mencegah lemak menempel di pembuluh darah dan juga dapat mempertajam pengelihatan.

5. Kacang-kacangan
Kacang merah, Buncis dan Kacang Panjang merupakan sumber pangan denga kadar serat larut yang tinggi. Mengkonsumsi Kacang merah, Buncis dan kacang panjang secara teratur selama 6 minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebanyak 10 %.

6. Teh
Antioksidan flavonoid dalam teh dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks sehingga dapat mecegah pembekuan darah. Flavonoid dapat mencegah oksidasi yang menyebabkan LDL (Low Density Lippoprotein) menumpuk di pembuluh darah.

7. Cokelat
Cokelat sebenarnya kaya akan flavonoid . Coklat yang berwarna gelap lebih kaya akan flavonoid di bandingkan dengan cokelat putih. Kadar flavonoid dalam setiap coklat tergantung dari cara pengolahannya.

8. Gandum
Gandum kaya akan serat dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Mengkonsumsi bubur gandum dapat menurunkan kolesterol.

9. Makanan yang mengandung phytosterol
Phytosterol banyak terdapat di padi-padian untuh dalam sayur mayur dan buah-buahan. Phytosterol dapat menghambat absorpsi kolesterol di usus halus.

10. Wortel
Wortel mengandung serat yang tidak larut. Serat tidak larut yang terkandung di dalamnya dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan serta mempercepat proses ber kurangnya kolesterol dalam pembuluh darah.

Selain bahan pangan di atas, masih banyak bahan pangan lainnya yang dapat menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dapat menjaga kesehatan tubuh. Untuk menghindari kadar kolesterol yang tinggi, hindarilah makan makanan yang berlemak dan mengandung santan. Makanan yang mengandung lemak trans sebaiknya di kurangi atau di hindari.
Artikel Terkait
Share this article now on :

1 komentar:

Anonymous said...

Tips untuk menurunkan kadar kolestrol pada tubuh .

Post a Comment