24 February, 2009

Cara Mendapatkan Beasiswa

Mungkin banyak pertanyaan mengalir tentang bagaimana mendapatkan beasiswa. Memang tidak dapat dipungkiri, dalam keadaan serba sulit seperti sekarang ini kita sebagai mahasiswa sangat mebutuhkan beasiswa.

Akhirnya saya coba mencari informasi kepada beberapa kakak tingkat yang pernah mendapatkan beasiswa dan coba menanyakan kepada mereka bagaiamana cara mendapatkan beasiswa tersebut.

- Nilai. Aspek nilai prestasi kuliah sangat menentukan dalam hal cair atau tidaknya beasiswa, sebaiknya usahakan nilai tinggi.

- Setelah mendapatkan nilai dan Index Prestasi Kumulatif atau IPK (biasanya semester dua keatas) yang tinggi maka mintalah transkrip nilai. Semaikin tinggi IPK, Mahasiwa cendrung mudah mendapatkan beasiswa dan jumlah beasiswanya juga lebih besar.

- Mintalah surat tanda aktif kuliah. Mahasiswa harus rajin kuliah (masuk kelas) karena hal ini juga sangat menentukan dalam hal mendapatkan beasiswa.

- Buatlah surat keterangan dari RT atau Kepala Desa di tempat tinggalmu. Hal ini untuk menentukan kemampuan keluarga apakah layak mahasiswa itu menerima beasiswa atau tidak. Kalau kita kaya (mampu) kemungkinan dapat beasiswa menjadi lebih kecil.

- Cari sumber Beasiswa. Berbagai macam sumber beasiswa asal mahasiswa jeli mencarinya, biasanya yang menjadi sumber beasiswa adalah pemerintah, yayasan, lembaga atau perorangan. Bisa juga sumber beasiswa itu dari internet , coba periksa referensi di bawah ini.

Tips Cara Mendapatkan Beasiswa, Agar Mudah Cair
Terkadang mahasiswa sampai sudah bosan mengajukan syarat-syarat untuk mendapatkan beasiswa kemana-kemari, tapi tidak juga mendapatkan beasiswa, alias tida cair, ditolak.

Hanya ada dua kata kuncinya. Penghasilan orang tua dan KTP, jangan buat penghasilan orang tua yang diatas rata-rata pada formulir beasiswa jika ingin mendapatkan beasiswa. Sesuaikan alamat dan tempat lahir, agar pihak atau instansi yang mengeluarkan beasiswa yakin siapa yang aan mendapatkan beasiswa mereka, putra daerah atau tidak?
Artikel Terkait
Share this article now on :

46 komentar:

Anonymous said...

saya mahasiswa semester II dari jombang jurusan tarbiyah,ingin mendapatkan beasiswa agar saya tidak merasa terbebani oleh finansial yang terlalu tinggi.

Anonymous said...

bagaimana cara mendapatkan beasiswa itu dan apa syaratnya?

Anonymous said...

bagaimna cara mendapatkan beasiswa itu dan apa syaratnya?

Anonymous said...

bagaimana mendapatkan beasiswa di mesir?

Anonymous said...

beasiswa ui besar tak?

Anonymous said...

sayaingin mendapatkan beasiswa di luar negeri tapi bagaimana caranya,tolong kasih tau please

sri wahyuni hasibuan said...

saya mahasiswa IPB,saya ingin mendapatkan beasiswa luar negeri tapi saya nggak tahu caranya,tolong kasih tahu cara dan syarat2nya

Anonymous said...

saya seorang pelajar MAN. saya ingin mendapatkan beasiswa di IAIN Walisongo Semarang. tolong kasih tahu cara dan syarat-syaratnya.

Linda said...

saya seorang pelajar MAN. saya ingin mendapatkan beasiswa di IAIN Walisongo Semarang. tolong kasih tahu cara dan syarat-syaratnya.

Anonymous said...

ada program beasiswa dari IAIN bengkulu Prodi Tafsir hadist

rhyah said...

saya seorang pelajar di salah satu smk negeri di jakarta...ekonomi keluarga saya cukup sulit...jadi saya ingin sekali mendapatkan beasiswa di sini...tolong kasih tahu cara dan syarat-sayaratnya yah.....
mkasih....

Anonymous said...

saya abim s1 jurusan pgmi uin malang ingin dapat beasiswa tapi sulit cari informasi tlong ksih tau syarat dan ketentuan agar saya bisa sedikat meringankan beban ortu

jhon roi said...

saya jhon s1 jurusan bhs inggris kupang NTT ingin mendapat beasiswa tetapi sangat sulit untuk mendapat informasi. tolong beri tahu saya apa persyaratan dan ketentuannya. terima kasih atas penjelasannya. Tuhan memberkati....

RIDWAN STIKA said...

saya mhasiswa stika kendari avicenna dari sulawesi tenggara, mw tanya gmana cranya ngedapatin beasiswa untuk membantu perkuliahan sya yang di swasta ini.......... please bantuannya...>?

wita said...

saya mahasiswi semester dua di sebuah perguruan tinggi mswasta di jakarta,pendidikan bahasa inggris,saya ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri karna saya yakin,saya memiliki basic inggris yang baik..bagaimana caranya mendapatkan beasiswa??

Anonymous said...

saya pengan banget dapet beasiswa.biar saya biasa kuliah.pengen kuliah tapi gak ada biaya.saya pengen banget masuk akbid.kalau kesempatan itu ada buat saya,saya gak akan sia-siakan kesempatan atu.

dewiii said...

saya pelajar usia 16 th .sekolah jurusan ADMIn di SMKN di surabaya. yang sbentar lagi naik kelas 3. jungkin terlalu cepat untuk menanyakan hal ini . tapi saya i ngin tahu bagaimana cara mendapat beasiswa untuk kuliah di univerditas negeri. karena saya ingin menyiapkan segala sesuatunya sejak awal. nilai saya semester I rata" 77,II ; 78 dan ,III: 8 m. apakah ada kemungkinan bisa mendapat beasiswa.

Leo said...

SAYA JILLEN VALENTINE BARU MASUK TK A MEMBACA TIDAK PERLU MENGEJA LAGI

Anonymous said...

saya lulusan SMAN, saya ingin kuliah tapi tidak ada biaya, gimana ya cara mendapatkan beasiswa agar saya dapat kuliah??????terima kasih

Anonymous said...

Saya ingin kuliah di Universitas Indonesia kalau Tuhan ijinkan. Saya ingin mengambil S1 saya di UI. Kalau boleh saya tahu, apakah persyaratan supaya saya mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah. Saya hanya kasihan sama orangtua saya yang tidak mampu bayar uang kuliah yang berpuluh-puluh juta harganya. Ditambah lagi mereka harus membayar uang kost-kost'an yang berjuta-juta atau beratus-ratus ribu harganya. Saya baru kelas 3 SMA sekarang, tahun depan baru saya akan melanjutkan kuliah saya. Saya mohon berikan saya jawaban secepatnya... Saya tidak ingin hidup menyusahkan kedua orangtua saya, sudah saatnya saya harus membahagiakan mereka. Untuk S2 saya ingin mendapatkan beasiswa kembali tapi di luar negeri.. Saya ingin kuliah di Harvard University..... tapi dengan beasiswa..... Mungkin itu nanti saya pikirkan kembali, karena saya rasa itu masih cukup lama. Tapi untuk beasiswa yang satu ini... Berikanlah jawaban secepatnya sebelum saya lulus SMA tahun 2011 depan. Saya tidak ingin menyusahkan kedua orangtua saya. Thx. GBU !

Anonymous said...

Nama saya Giovani Shalomo, akun facebook saya buka aja nama itu atau dengan email: Shalomo_Ovanz@yahoo.com. Saya berumur 17 tahun. Saya ingin mengutarakan keinginan saya yang paling dalam kalau selama ini saya ingin sekali kuliah di Universitas Indonesia kalau Tuhan ijinkan. Saya ingin mengambil S1 saya di UI. Kalau boleh saya tahu, apakah persyaratan supaya saya mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah. Saya hanya kasihan sama orangtua saya yang tidak mampu bayar uang kuliah yang berpuluh-puluh juta harganya. Ditambah lagi mereka harus membayar uang kost-kost'an yang berjuta-juta atau beratus-ratus ribu harganya. Saya baru kelas 3 SMA sekarang, tahun depan baru saya akan melanjutkan kuliah saya. Saya mohon berikan saya jawaban secepatnya... Saya tidak ingin hidup menyusahkan kedua orangtua saya, sudah saatnya saya harus membahagiakan mereka. Untuk S2 saya ingin mendapatkan beasiswa kembali tapi di luar negeri.. Saya ingin kuliah di Harvard University..... tapi dengan beasiswa..... Mungkin itu nanti saya pikirkan kembali, karena saya rasa itu masih cukup lama. Tapi untuk beasiswa yang satu ini... Berikanlah jawaban secepatnya sebelum saya lulus SMA tahun 2011 depan. Saya tidak ingin menyusahkan kedua orangtua saya. Thx. GBU !

Anonymous said...

Nama saya Giovani Shalomo, akun facebook saya buka aja nama itu atau dengan email: Shalomo_Ovanz@yahoo.com. Saya berumur 17 tahun. Saya ingin mengutarakan keinginan saya yang paling dalam kalau selama ini saya ingin sekali kuliah di Universitas Indonesia kalau Tuhan ijinkan. Saya ingin mengambil S1 saya di UI. Kalau boleh saya tahu, apakah persyaratan supaya saya mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah. Saya hanya kasihan sama orangtua saya yang tidak mampu bayar uang kuliah yang berpuluh-puluh juta harganya. Ditambah lagi mereka harus membayar uang kost-kost'an yang berjuta-juta atau beratus-ratus ribu harganya. Saya baru kelas 3 SMA sekarang, tahun depan baru saya akan melanjutkan kuliah saya. Saya mohon berikan saya jawaban secepatnya... Saya tidak ingin hidup menyusahkan kedua orangtua saya, sudah saatnya saya harus membahagiakan mereka. Untuk S2 saya ingin mendapatkan beasiswa kembali tapi di luar negeri.. Saya ingin kuliah di Harvard University..... tapi dengan beasiswa..... Mungkin itu nanti saya pikirkan kembali, karena saya rasa itu masih cukup lama. Tapi untuk beasiswa yang satu ini... Berikanlah jawaban secepatnya sebelum saya lulus SMA tahun 2011 depan. Saya tidak ingin menyusahkan kedua orangtua saya. Thx. GBU !

Anonymous said...

Nama saya Giovani Shalomo, akun facebook saya buka aja nama itu atau dengan email: Shalomo_Ovanz@yahoo.com. Saya berumur 17 tahun. Saya ingin mengutarakan keinginan saya yang paling dalam kalau selama ini saya ingin sekali kuliah di Universitas Indonesia kalau Tuhan ijinkan. Saya ingin mengambil S1 saya di UI. Kalau boleh saya tahu, apakah persyaratan supaya saya mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah. Saya hanya kasihan sama orangtua saya yang tidak mampu bayar uang kuliah yang berpuluh-puluh juta harganya. Ditambah lagi mereka harus membayar uang kost-kost'an yang berjuta-juta atau beratus-ratus ribu harganya. Saya baru kelas 3 SMA sekarang, tahun depan baru saya akan melanjutkan kuliah saya. Saya mohon berikan saya jawaban secepatnya... Saya tidak ingin hidup menyusahkan kedua orangtua saya, sudah saatnya saya harus membahagiakan mereka. Untuk S2 saya ingin mendapatkan beasiswa kembali tapi di luar negeri.. Saya ingin kuliah di Harvard University..... tapi dengan beasiswa..... Mungkin itu nanti saya pikirkan kembali, karena saya rasa itu masih cukup lama. Tapi untuk beasiswa yang satu ini... Berikanlah jawaban secepatnya sebelum saya lulus SMA tahun 2011 depan. Saya tidak ingin menyusahkan kedua orangtua saya. Thx. GBU !

Anonymous said...

Nama saya Giovani Shalomo, akun facebook saya buka aja nama itu atau dengan email: Shalomo_Ovanz@yahoo.com. Saya berumur 17 tahun. Saya ingin mengutarakan keinginan saya yang paling dalam kalau selama ini saya ingin sekali kuliah di Universitas Indonesia kalau Tuhan ijinkan. Saya ingin mengambil S1 saya di UI. Kalau boleh saya tahu, apakah persyaratan supaya saya mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah. Saya hanya kasihan sama orangtua saya yang tidak mampu bayar uang kuliah yang berpuluh-puluh juta harganya. Ditambah lagi mereka harus membayar uang kost-kost'an yang berjuta-juta atau beratus-ratus ribu harganya. Saya baru kelas 3 SMA sekarang, tahun depan baru saya akan melanjutkan kuliah saya. Saya mohon berikan saya jawaban secepatnya... Saya tidak ingin hidup menyusahkan kedua orangtua saya, sudah saatnya saya harus membahagiakan mereka. Untuk S2 saya ingin mendapatkan beasiswa kembali tapi di luar negeri.. Saya ingin kuliah di Harvard University..... tapi dengan beasiswa..... Mungkin itu nanti saya pikirkan kembali, karena saya rasa itu masih cukup lama. Tapi untuk beasiswa yang satu ini... Berikanlah jawaban secepatnya sebelum saya lulus SMA tahun 2011 depan. Saya tidak ingin menyusahkan kedua orangtua saya. Thx. GBU !

Anonymous said...

Nama saya Giovani Shalomo, akun facebook saya buka aja nama itu atau dengan email: Shalomo_Ovanz@yahoo.com. Saya berumur 17 tahun. Saya ingin mengutarakan keinginan saya yang paling dalam kalau selama ini saya ingin sekali kuliah di Universitas Indonesia kalau Tuhan ijinkan. Saya ingin mengambil S1 saya di UI. Kalau boleh saya tahu, apakah persyaratan supaya saya mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah. Saya hanya kasihan sama orangtua saya yang tidak mampu bayar uang kuliah yang berpuluh-puluh juta harganya. Ditambah lagi mereka harus membayar uang kost-kost'an yang berjuta-juta atau beratus-ratus ribu harganya. Saya baru kelas 3 SMA sekarang, tahun depan baru saya akan melanjutkan kuliah saya. Saya mohon berikan saya jawaban secepatnya... Saya tidak ingin hidup menyusahkan kedua orangtua saya, sudah saatnya saya harus membahagiakan mereka. Untuk S2 saya ingin mendapatkan beasiswa kembali tapi di luar negeri.. Saya ingin kuliah di Harvard University..... tapi dengan beasiswa..... Mungkin itu nanti saya pikirkan kembali, karena saya rasa itu masih cukup lama. Tapi untuk beasiswa yang satu ini... Berikanlah jawaban secepatnya sebelum saya lulus SMA tahun 2011 depan. Saya tidak ingin menyusahkan kedua orangtua saya. Thx. GBU !

Anonymous said...

Nama saya Giovani Shalomo, akun facebook saya buka aja nama itu atau dengan email: Shalomo_Ovanz@yahoo.com. Saya berumur 17 tahun. Saya ingin mengutarakan keinginan saya yang paling dalam kalau selama ini saya ingin sekali kuliah di Universitas Indonesia kalau Tuhan ijinkan. Saya ingin mengambil S1 saya di UI. Kalau boleh saya tahu, apakah persyaratan supaya saya mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah. Saya hanya kasihan sama orangtua saya yang tidak mampu bayar uang kuliah yang berpuluh-puluh juta harganya. Ditambah lagi mereka harus membayar uang kost-kost'an yang berjuta-juta atau beratus-ratus ribu harganya. Saya baru kelas 3 SMA sekarang, tahun depan baru saya akan melanjutkan kuliah saya. Saya mohon berikan saya jawaban secepatnya... Saya tidak ingin hidup menyusahkan kedua orangtua saya, sudah saatnya saya harus membahagiakan mereka. Untuk S2 saya ingin mendapatkan beasiswa kembali tapi di luar negeri.. Saya ingin kuliah di Harvard University..... tapi dengan beasiswa..... Mungkin itu nanti saya pikirkan kembali, karena saya rasa itu masih cukup lama. Tapi untuk beasiswa yang satu ini... Berikanlah jawaban secepatnya sebelum saya lulus SMA tahun 2011 depan. Saya tidak ingin menyusahkan kedua orangtua saya. Thx. GBU !

Anonymous said...

Nama saya Giovani Shalomo, akun facebook saya buka aja nama itu atau dengan email: Shalomo_Ovanz@yahoo.com. Saya berumur 17 tahun. Saya ingin mengutarakan keinginan saya yang paling dalam kalau selama ini saya ingin sekali kuliah di Universitas Indonesia kalau Tuhan ijinkan. Saya ingin mengambil S1 saya di UI. Kalau boleh saya tahu, apakah persyaratan supaya saya mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah. Saya hanya kasihan sama orangtua saya yang tidak mampu bayar uang kuliah yang berpuluh-puluh juta harganya. Ditambah lagi mereka harus membayar uang kost-kost'an yang berjuta-juta atau beratus-ratus ribu harganya. Saya baru kelas 3 SMA sekarang, tahun depan baru saya akan melanjutkan kuliah saya. Saya mohon berikan saya jawaban secepatnya... Saya tidak ingin hidup menyusahkan kedua orangtua saya, sudah saatnya saya harus membahagiakan mereka. Untuk S2 saya ingin mendapatkan beasiswa kembali tapi di luar negeri.. Saya ingin kuliah di Harvard University..... tapi dengan beasiswa..... Mungkin itu nanti saya pikirkan kembali, karena saya rasa itu masih cukup lama. Tapi untuk beasiswa yang satu ini... Berikanlah jawaban secepatnya sebelum saya lulus SMA tahun 2011 depan. Saya tidak ingin menyusahkan kedua orangtua saya. Thx. GBU !

alodia said...

saat ini aku masih kelas sepuluh di sma
tapi saya ingin cari beasiswa buat kuliah nanti
kira" ada tips gak cara"nya?
trimakasih

rohani said...

saya siswa akuntansi
bagaimana caranya mendapatkan beasiswa kuliah di universitas?
makasih

SAPU JAGAT TSM said...

assalamu'alaikum
saya mahasiswa pendidikan agama islam di STAI Tasikmalaya.umur saya dalam ijasah kelahiran 1991.saya perlu beasiswa.
yang saya bingungkan dalam biaya kuliah. saya berpikir apakah saya berhenti jadi pengurus madarasah diniah takmiliyah awwaliah untuk bekerja mencari uang untuk bayar kuliah ?. soalnya dari madrasah honornya sedikit. mohon perhatian dan beasiswanya.

nama ubaedillah
ttl 1 juli 1991
alamat nurul huda cikawung rt 01 rw 05
kel. Awipari
kec.cibeureum
kota tasikmalaya
kode pos 46196
hp 081220648354

John said...

Makasih yang guy atas postingan yang sangat bermanfaat ini.aku pengen tahu neh alamt link buat mendapatkan beasiswa itu

thanks

Anonymous said...

saya seorang pelajar sma balikpapan...saya ingin kuliah di unhas mengambil jurusan akbit tpi kondisi ekonomi saya kurang....saya ingin mendapatkan beasiswa nanti kalau masuk kuliah tapi saya tidak tahu caranya..tolong kasi tahu caranya apa persyaratannya....
ini email saya....nanna_ratnasari@yahoo.co.id

aisyah said...

saya pengen kuliah pie ga da biaya makanya saya pengen cari beasiswa pie ga tau caranya.law da yang tau caranya kasih tau aq ea lewat email aq
......... aiezyah_415@yahoo.co.id

Anonymous said...

kira" bsa kasih tau gmana bisa dpat beasiswa ke kairo tdk???

nouslionni said...

saya masih anak sma kelas XI-IPA-2 di SMA negeri malinau-kalimantan timur..
saya mau ngambil jurusan teknik sipil. dan bagi temen-teman semua yang mau memberi saran kepada saya (nouslionnifirmanda@yahoo.co.id) tolong ya??

1) saya mau tahu, apakah beasiswa untuk jurusan teknik sipil juga melakukan penyaringan dengan nilai waktu kelulusan SMA>>

Anonymous said...

assalamu alaikum wr.wb...
gmana caranya mendapatkan beasiswa s2 ??? ijazah s1 saya PAI...tolg infonya nah..

Anonymous said...

ass.
q lu2san smk,pngen kuliah g ada yg bantu
tlg kasih tau caranya dpt beasiswa y
tq

andri said...

siang
asslmmualaikm
gmn yh cara y dapet beasiswa .,?
saya pgen nerusin pendidikan,sya kluaran 2010
skrg bru masuk kerja d cikarang...

bgaimn yh cara y dapet beasiswa tuh.,
mhon bntuan y?sblm ya trma ksih

boyz_creed20@yahoo.co.id

mhon bantuan ya.

Anonymous said...

ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
saya ingin sekali mendapatkan beasiswa agar bisa kuliah di salah satu universitas di Indonesia. saya sekarang masih kelas XI jadi saya ingin cari-cari beasiswa mulai sekarang dan ingin tahu persyaratannya secara jelas.. tolong di bantu y!

Anonymous said...

Assalamualaikum Wr.Wb.
saya mau tanya caranya dapat beasiswa agar bisa kuliah di UGM gimana? dan apa saja Syarat2 nya?? makasih mohon balasannya.....

jikathietha said...

saya sekarang duduk di kelas XI.saya mau tanya bagaimana caranya dapat beasiswa agar bisa kuliah di universitas negeri.apa saja persyaratannya ? thx b4

SINGLEMAN said...

saya encu kuliah di jurusan tarbiyah, bagaimana yah cara mendapatkan beasiswa dengan mudah, tolong bantu saya, jazakallohu khoiron katsiron

ade supriatin said...

saya kuliah di uin suska jurusan teknik informatika . saya ingin sekali mendapatkan beasiswa untuk memperlancar tugas kuliah tanpa harus membebani orang tua saya.

jumbri yadi said...

saya sekarang duduk di kelas 2 SMA, saya mw tanya bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah di universitas negri, saya ingin hidup mandiri tidak ingin membebankan kedua orang tua saya, mereka tidak mampu untuk membiayai sya kuliah makanya saya nyari-nyari informasi untuk meringankan beban kedua orang tua saya, mohon jawabanya.bagaimana syaratnya untuk mendapatkan beasiswa? koblahu syukron kasiron

Anonymous said...

Fita said. . . .
Saya ingin mendapatkan beasiswa untu kuliah,BAGAIMANA CARANYA ??
saya ingin merubah kondisi ekonomi keluarga saya,
saya ingin membahagiakan mama disurga.tolong bantu saya bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut.
Saya ingin kuliah di universitas air langga surabaya.
Saya masih duduk di kelas XI PERBANKAN 1 DI SMK NEGERI 10 SURABAYA.
Saya ingin Mendapatkan Dan Mengapai cita* saya untuk membahagiakan Kedua orang tua saya.dengan GELAR dan Prestasi yang saya dapat.
Mohon Jawab.an nya
di Facebook saya.
Itha.cute10@yahoo.co.id
DAN LEMBAGA apa yang harus saya temui agar saya bisa mendapatkan beasiswa tersebut.
TERIMA KASIH.

Anonymous said...

nama saya yuli yolanda
saya ingin mendapatkan beasiswa
untuk membantu perekonomian kelurga saya ....
mohon jawabannya di e-mail saya youlandae@ymail.com

Post a Comment