23 July, 2008

Lebih Lebar daripada Surface

KOMPUTER berlayar multitouch tampaknya bakal menjadi fokus baru para produsen perangkat elektronik. Tren ini dimulai dengan dikeluarkannya Surface karya Microsoft pada Mei 2007. Beberapa pabrik ikut memproduksi perangkat sejenis. Salah satunya, Werk 5 Mangold Helmer GmbH, dengan Interactive Scape.

Secara fisik, perangkat produksi perusahaan asal Jerman itu mirip Surface. Bentuknya sama-sama coffeetable. Dengan layar menghadap ke atas. Namun, Interactive Scape menjanjikan kesempatan berinteraksi yang leluasa untuk lebih banyak orang. Sebab, penampang dan layar Interactive Scape lebih luas.

Dimensi Interactive Scape adalah 165 cm x 130 cm x 45 cm. Layarnya berukuran 130,5 cm x 95 cm atau sekitar 58 inci. Sedikit lebih besar ketimbang Surface yang sebesar 107 cm x 63 cm x 53 cm dan ukuran layarnya 30 inci.

Permukaan multitouch pada Interactive Scape beresolusi full high definition (HD) 1.920 x 1.080 piksel. Untuk processing unit, digunakan Intel Core2Quad 6600. Geforce 6200LE 64 MB VRAM. Interface software kompatibel dengan Java, Flash, dan DirectX.

Koneksi Interactive Scape dengan perangkat elektronik lain menggunakan perantara bluetooth atau internet. Koneksi dengan gadget lain melalui layar Interactive Scape dimungkinkan berkat teknologi RFID. Sama seperti Surface, Interactive Scape ditargetkan berfungsi di sektor komersial. Antara lain, sebagai penampil iklan, konsultasi dan presentasi PoS (Point of Sale). Pengaplikasiannya bisa digunakan di museum serta iven-iven perdagangan.

Namun, tampilan Interactive Scape dinilai lebih atraktif. Sebab, gadget dengan casing Corian tersebut tersedia dalam berbagai warna yang bisa dipesan sesuai dengan keinginan konsumen.

Untuk urusan harga, pihak Werk 5 Mangold Helmer GmbH belum memberikan keterangan pasti. Tapi, kabarnya Interactive Scape bakal dijual dengan harga lebih murah ketimbang Surface. Yaitu, mencapai ratusan ribu USD.(Hendrawan/net)
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment