Skip to main content

Artis Baru Itu Namanya Robot


tuan rumah Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia regional 1 Sumatera. Ini adalah gelaran Politeknik Caltex Riau (PCR). Acaranya di Gor Rumbai berlangsung seru dan heboh. Banyak yang menilai, 42 peserta yang datang dari berbagai perguruan tinggi se-Sumatera berkualitas. Salut deh!

Mau tahu soal robot? Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor.

Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput. Istilah robot diperkenalkan pertama kali oleh seorang berkebangsaan Cekoslovakia bernama Karel Capek (1890-1938) di tahun 1920. Robot sendiri berasal dari bahasa setempat: robota yang berarti budak atau kerja manual. Dari situlah istilah tersebut digunakan sebagai pengganti istilah budak mekanik. Wah seru juga ya...

Bayangin saja, kalau kehidupan kita sehari-hari diisi sama robot, seperti film-film science-fiction yang bercerita tentang robotika The Bicentennial Man, Artificial Intelligence, bahkan film yang baru beredar, Transformers. Wah, pasti seru ya. Percaya nggak, hal-hal seperti ini nggak lama lagi bakal jadi kenyataan. Kenapa?
Lihat saja perkembangan robotika di dunia, sejak aibo, asimo, dan banyak robot-robot laen. Di Indonesia negeri kita tercinta ini aja, udah sering diadain KRI & KRCI, bahkan putra-putri bangsa pun menang di tingkat internasional.

Sejarah Robot
Robot pertama kali dibuat dengan mencoba meniru manusia dan hewan. Robot sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Negara yang pengembangan robotnya dinilai paling maju yakni Jepang. Di Negeri Matahari Terbit itu, masyarakatnya mempunyai ketertarikan dengan robot yang memiliki status layaknya seorang bintang pujaan. Banyak ajang yang digelar sebagai ekshibisi robot-robot tercanggih. Yang paling populer yakni World Expo 2005 lalu.

Mekatronika
Ingin bisa membuat robot? Kalo iya, kamu harus memilih perguruan tinggi yang ada jurusan mekatronika. Ini adalah jurusan studi yang khusus mempelajari pernak-pernik robot.

Cabang ilmu ini mulai Muncul pada pertengahan tahun 1970-an di Jepang. Sejak tahun 1980-an berkembang di Eropa. Di Indonesia, sudah banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Misalnya di Polman Bandung, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Swiss Germany University Serpong, Polman Astra Jakarta, Politeknik Caltex Riau Pekanbaru dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Mekatronika sendiri dapat diartikan sebagai perpaduan dari sistem mekanik atau mesin, perangkat keras elektronika maupun listrik dan perangkat lunak komputer

untuk menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas.
Bagaimana dengan robot buatan Indonesia tercinta dengan negara luar? Sayang, kita masih tertinggal jauh. Namun kita tetap optimis karena tidak ada kata terlambat bagi seorang pahlawan bangsa yang akan membangun bangsanya agar menjadi bangsa yang besar, makmur dan sejahtera. Juga unggul dibidang teknologi. (ridwan CCMD)

Comments

Paling Banyak Dibaca