02 December, 2011

Fakultas Hukum UI

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu Fakultas Hukum Gigi terbaik Indonesia saat ini. Terdepan dalam mencetak ahli hukum dan pengacara terbaik di Indonesia di masa mendatang. Sebagai informasi tambahan, berikut adalah data dan fakta terakhir Fakultas Hukum UI yang bisa dijadikan referensi.

Profil Fakultas Hukum UI
Fakultas Hukum UI
Pada tanggal 2 Februari 1950 terjadilah perundingan antara pihak Republik Indonesia (diwakili antara lain oleh dr. Abu Hanifah) dengan pihak Belanda bertempat di Aula Fakultas Kedokteran, Jalan Salemba No. 6 Jakarta. Perundingan ini tidak berjalan dengan semestinya dan berakhir dengan kekacauan. Akan tetapi pada hari itulah juga lahir suatu lembaga pendidikan baru, yang bernama Universiteit Indonesia (kemudian menjadi Universitas Indonesia). Universitas ini merupakan penggabungan dari Universiteit van Indonesiƫ dengan Balai Perguruan Tinggi Republik Indonesia.

Termasuk di dalamnya adalah penggabungan dari Faculteit der Rechtsgeleerdheid en Sociale Wetenschappen dengan Fakultas Hukum Balai Perguruan Tinggi Republik Indonesia, dengan nama Fakulteit Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (dengan Dekan: Prof. Mr. Djokosoetono dan Panitera: Prof. Mr. Dr. Hazairin).

Sejak Februari 1950 nama fakultas diganti menjadi Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perguruan Tinggi No. 42, ter-tanggal 6 Mei 1968, maka Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan (dikenal pula dengan singkatan FH & IPK) dipecah menjadi Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan (mulai 1 Pebruari 1968 dan selesai sepenuhnya pada 1 April 1969), kemudian dikenal dengan nama Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan sekarang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pimpinan Fakultas Hukum UI
Dekan : Prof. Safri Nugraha, S.H, LL.M., Ph.D
Wakil Dekan : Dr. Hj. Siti Hayati Husein, S.H, M.H., C.N
Sekretaris Fakultas : Kurnia Toha, S.H, LL.M., Ph.D
Ketua Unit Penjamin Mutu Akademik : Dr. R. Ismala Dewi, S.H, M.H
Manajer Riset dan Pendidikan : Dr. Andhika Danesjvara, S.H., M.Si
Manajer Kemahasiswaan dan Alumni : Parulian P. Aritonang, S.H., LL.M
Manajer Ventura : Melda Kamil Ariadno, S.H., LL.M
Manajer Umum : Heri Tjandrasari, S.H., M.H

Iformasi Fakultas Hukum UI
Kampus UI, Depok 16424
Telp : 021 – 7863419. Humas Extention: 1110/2202
Fax : 021 – 78634415
Email : lawschool@ui.ac.id
Website : www.law.ui.ac.id
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment