Skip to main content

Panduan Tata Cara Penulisan Makalah

Makalah bisa dikatakan sebagai cerminan kapasitas akademis seseorang. Kemampuan yang baik dalam menyajikan tata cara penulisan makalah sedikit banyaknya memberikan gambaran bagaimana kemampuan akademik yang dimiliki seseorang. Proses menuju sebuah penyajian makalah yang baik sangat komprehensif, oleh sebab itu cukup layak jika sebuah makalah dijadikan standar proses penguasaan akademis seseorang.

Panduan Tata Cara Penulisan Makalah, Cara Membuat Makalah yang benar, Menulis Makalah yang baik
Sebelum mengetahui tata cara penulisan makalah yang baik, ada baiknya kita mengerti dengan kriteria sebuah makalah yang baik. Makalah yang baik meliputi beberapa aspek yakni;

1. Fokus pada topik judul yang disajikan
2. Cerminan dari keluasan bacaan seseorang baik melalui buku, artikel, jurnal dan sebagainya.
3. Penjelasan disajikan secar logis dan ilmiah.
4. Penulisan disajikan dengan gaya bahasa yang baik, benar, tepat serta jelas.
5. Mencantumkan secara lengkap sumber-sumber yang dipakai.

Tata cara penulisan makalah mengikuti kerangka baku dari sebuah makalah. Adapun kerangka dari sebuah makalah adalah sebagai berikut;

1. Pendahuluan
Sebuah pendahuluan yang baik meliputi; penjelasan awal dari topik yang akan dibahas, menjelaskan definisi istilah atau keyword, menjelaskan judul secara signifikan, mengidentifikasi masalah, memberi batasan masalah serta menerangkan tujuan dari makalah. Secara garis besar, sub judul dari bab pendahuluan meliputi latar belakang dan tujuan.

2. Tubuh makalah (pembahasan)
Bagian ini merupakan bagian isi dari sebuah makalah. Berisi pembahasan Anda yang meyakinkan sudut pandang argumen yang Anda pakai. Dari sini diharapkan pembaca dapat memperoleh banyak informasi penting. Bagian ini mencapai 70 hingga 90% dari tebal makalah. Untuk menguatkan argumen-argumen Anda, perlu diberikan literatur pendukung serta contoh-contoh yang akan memperkuat pembahasan Anda.

3. Kesimpulan
Sebuah kesimpulan yang baik adalah jawaban dari tujuan makalah yang Anda buat. Kesimpulan yang dibuat haruss relevan dengan tujuan yang dibuat di awal.

Bagaimana? Ada Panduan Tata Cara Penulisan Makalah yang lain? Silakan berbagi disini.

Comments

  1. Terima Kasih Atas infonya ..
    artikel yang sangat bagus ..

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca