Skip to main content

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu Fakultas Kedokteran Gigi terbaik Indonesia saat ini. Terdepan dalam mencetak Dokter-dokter Gigi terbaik di Indonesia di masa mendatang. Sebagai informasi tambahan, berikut adalah data dan fakta terakhir Fakultas Kedokteran Gigi UI yang bisa dijadikan referensi.


Profil Fakultas Kedokteran Gigi UI

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI, Fakultas Kedokteran Gigi UI, FKG UI 2012
FKG UI membuka lembaran hidupnya pada tahun 1961, bertepatan dibukanya kesempatan kepada 71 pemuda-pemudi Indonesia untuk menuntut ilmu di FKGUI.Hasil ini sebenarnya usaha dai kalangan dkter gigi sejak 1954 dan dari mereka yang berminat memajukan ilmu kedkteran gigi. Mereka bermaksud mendirikan sebuah Fakultas Kedokteran Gigi di Jakarta, mengingat masih banyak dibutuhkan dokter gigi di tanah air. Waktu itu perbandingan dokter gigi dan penduduk 1 : 200.000, sementara lulusan dokter gigi tiap tahun sangat kecil, yakni tidak lebih dari 35 orang yang berasal dari dua fakultas (FKG UNAIR dan FKG UGM).

Disamping itu, Jakarta sebagai ibukota negara seharusnya mempunyai FKG sebagai cermin dari kegiatan profesi kedokteran gigi. Maka, FKG ini pun didirikan di UI dengan dan diharapkan menjadi salah satu Fakultas Kedokteran Gigi Pembina di Indonesia.


Awalnya FKG UI pragtis tak mempunyai fasilitas gedung dan perlengkapan. Satu-satunya ruang adalah ruang pinjaman dari Sumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) yaitu Tata Usaha Ilmu Penyakit Gigi dan Mulut RSCM. Untuk kuliah tingkat persiapan, pelaksanaan dan tempatnya digabung bersama mahasiswa tingkat I FKUI. Sedangkan praktikum Anatomi Gigi menggunakan tempat penitipan sepeda RSCM (kini tempat parkir paviliun Cendrawasih RSCM).


Pada 17 Oktober 1963, mengingat meningkatnya kebutuhan mahasiswa dan keterbatasan fasilitas, maka sebagian ruang depan Perpustakaan Rakyat milik Departemen Pengajaran dan Kebudayaan RI di Salemba 4 diserahkan kepada FKG UI. Namun, kuliah dan praktikum mash bergabung dengan FKUI. Tahun berikutnya pada 1964, FKG UI mendapatkan ruang tambahan yaitu bagian belakang dari Perpustakaan Rakyat. Sebagian ruangan itu digunakan untuk preklinik (praktikum) untuk mahasiswa tingkat III sebagai persiapan kepaniteraan klinik di tingkat IV nanti.


Pimpinan Fakultas Kedokteran Gigi UI
Dekan : Prof. Bambang Irawan, drg., Ph.D
Wakil Dekan : Prof. Dr. M. Suharsini Soetopo, drg., SpKGA(K)
Sekretaris Fakultas : drg. Hedijanti Joenoes, M.Si
Manajer Bidang Mahasiswa dan Alumni : drg. Andi Soufyan, M.Kes
Manajer Bidang Administrasi Umum : drg. Siti Aliyah Pradono, SpPM
Manajer Bidang Pendidikan dan Riset : Dr. drg. Ellyza Herda, M.Si
Manajer Bidang Pengembangan Ventura : drg. Gus Permana, Ph.D., SpPM


Kontak Fakultas Kedokteran Gigi UI
Kampus UI, Salemba
Telp : 021 – 31930270, 3151035
Fax : 021 – 31931412
Email : fkg@makara.cso.ui.ac.id
Website : www.fkg.ui.ac.id

Comments

Paling Banyak Dibaca