Skip to main content

Fakultas Kedokteran (FK) UI

Fakultas Kodekteran (FK) Universitas Indonesia (UI) merupakan Fakultas Kodekterab terbaik Indonesia saat ini. Terdepan dalam mencetak Dokter-dokter terbaik Indonesia di masa mendatang. Sebagai informasi tambahan, berikut adalah data dan fakta terakhir Fakultas Kedokteran UI yang bisa dijadikan referensi.

Profil Fakultas Kedokteran UI
Fakultas Kedokteran (FK) UI, Info Fakultas Kedokteran (FK) UI Terbaru 2012
Gedung FK UI
Pendidikan Kedokteran di Indonesia dimulai pada tahun 1851 dengan berdirinya Dokter Djawa School yang berubah nama menjadi STOVIA pada tahun 1898 dan berubah lagi menjadi Geneeskundige Hooge School tahun 1927. Di masa Jepang didirikan Ika Daigaku yang memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Tidak lama setelah proklamasi kemerdekaan, pemerintah RI mendirikan perguruan tinggi kedokteran sebagai bagian dari Balai Perguruan Tinggi RI. Belanda mendirikan pula Geneeskundige Faculteit dari Nooo Universiteit van Indonesia tahun 1946. Setelah penyerahan kedaulatan semua instalasi Universiteit van Indonesia termasuk Geneeskundige Faculteit diambil alih pemerintah dan tanggal 2 Februari 1950 menjadi Universitas Indonesia. Sejak itu Fakultas Kedokteran menjadi bagian yang berkembang bersama-sama dengan Universitas Indonesia. Rangkaian sejarah menyatakan bahwa Fakultas Kedokteran adalah cikal bakal pendidikan tinggi di Indonesia.

Dalam perjalanannya Fakultas Kedokteran UI telah melaksanakan serangkaian kegiatan, baik kegiatan akademis maupun non akademis. Melalui Senat Mahasiswa FKUI, setiap tahun diselenggarakan kegiatan berupa Open House dan Bedah Kampus UI, serta Liga Medika yaitu pengenalan kesejawatan sejak dini melalui kegiatan pertandingan olahraga, sains dan seni antar FK/FKG se-Indonesia.

Pimpinan Fakultas Kedokteran UI
Dekan : Dr. Dr. Ratna Sitompul, SpM(K)
Wakil Dekan : Prof. Dr. Pratiwi P. Sudharmono, Ph.D., SpM(K)
Sekretaris Fakultas : Prof. Dr. Dr. Jenny Bashirudin, SpTHT(K)
Koordinator Mahasiswa dan Alumni : dr. Ari Fahrial Syam, Ss-PD.KGEH., MMB
Manajer Umum : dr. Siti Setiati, SsPD(K).
Manajer Riset : dr. Nuraeti Chaerani Siregar, MS., SpPA(K)., Ph.D
Manajer Ventura : dr. Jose R. L. Batubara, Sp.A

Informasi Fakultas Kedokteran UI

Kampus UI Salemba, Jalan Salemba Raya No.6 Jakarta Pusat
Telp : 021 – 31930371, 31930373, 3922977, 3927360
Fax : 021 – 31930372, 3912477, 3157288
Email : info@fk.ui.ac.id, office@fk.ui.ac.id
Website : www.fk.ui.ac.id

Comments

Paling Banyak Dibaca