Skip to main content

Cerpen tentang Putus Asa ?

Don’t Puasa (Putus Asa)

“Kamu di pecat” suara itu masih terngiang di telinganya..
Dani, mahasiswa UI Depok, ia merantau ke kota karna keinginannya yang sudah bulat untuk mencari ilmu disana. Ia menghidupkan dirinya sendiri dengan bekerja keras, untungnya ia mendapatkan beasiswa itu ketika tes , jadi ia hanya bekerja mencari uang untuk membeli makana sehari-hari dan untuk mebayar uang kosannya. Dan semua itu hilang ketika bosnya memecatnya. Ia bingung atas tindakan bosnya itu.
“di pikir-pikir, koq bisa ya gw di pecat, perasaan gw kerja gak setengah-setengah” gumam Dani ketika berdiam diri di ujung kantin kampus.
Tak jauh dari situ, datang Rendi membawa dua mangkok baso.
“hey... lo bengong mulu, masih mikirin yang kemaren yah...” kata Rendi sembari duduk di sebelah Dani dan menaruh mangkok baso itu.
“ya sich, lagian aneh juga, koq bisa gw di pecat, lo tau khan kalo gw kerja dengan keras”
“mang sekeras apa...?”
“ya lo... gw serius nich, lo malah becanda”
“ya, gw tau, keliatan koq dari kebiasaan lo yang suka ngantuk”
“truz, gw makan pake apa dong entar, ya dah mah sebentar lagi awal bulan, gw bayar kosan pake apa?”
“masalah bayar kos sama gw za, khan kita sekamar, untuk bulan besok gw za dech yang bayar, ga apa-apa koq. Lagian lo khan pernah bilang ke gw, kalo hidup itu jangan di ambil pusing and harus selalu ceria entar cepet tua, ya khan...”
“ya sich, tapi lo harus bantu gw cari kerja. Kalo gw ga dapet kerja, bisa-bisa lo yang terus-terusan bayar kos. Tapi ga apa-apa ya... he”
“ye... enak bener, bisa bangkrut bank gw”
“he... becanda koq, tapi lo janji ya harus bantu gw cari kerja”
“siap bos... by the way, makan dulu tuh baso lo, apa mau gw bantu buang ke perut gw, he...”

“ye... gw lagi laper tau” Dani menghabiskan basonya.

***
Di kosan.
“nih ada koran, lo cari aza mau kerja apa, tar gw bantuiin dech...” papar Rendi sambil melemparkan koran ke tempat tidur Dani.
Dani mengambil koran itu.
“hm...” Dani membaca berbagai iklan yang ada.
“kayanya ga da yang cocok buat gw...” Dani mengeluh.
“koq, lo jangan puas gitu dong, maksud gw lo jang putus asa gitu dong” Rendi menyemangati.
“truz gimana cara gw cari kerja...?”
“ya udah gini aza, lo sekarang mau kerja apa? and keahlian lo apa?”
“gw sich cuma bisa nulis”
“kenapa lo gak bikin karya tulis aza, semacam puisi atau gak cerpen gitu”
“emang gw bisa...?”
“lo aneh ya... belum juga juga di coba”
“OK gw coba. Thanks yah”
“biasa aza” Rendi menyombongkan diri, mengangkat kedua kerah bajunya. Dengan gaya petinju Chris Jhon, Dani menonjok Rendi. Itu tonjokan persahabatan.
Beberapa menit berlalu. Dan...
“ha... ha... ha...” mereka tertawa bersama.

***
2 hari berlalu.
“Alhamdulillah”

***
Keesokan harinya.
“woy bangun, dah siang tau, masa lo kalah sama ayam, udah cepetan bangun”
“ah... ngantuk tau, sekarang khan hari minggu, gw mau tidur dengan tenang, lagian gw males belum dappet kerjaan” jawab Dani semaunya dan memperbaiki posisi tidurnya yang sudah teracak-acak Rendi.

“hey... bangun dulu, gw punya kejutan buat lo”
“ah... males, entar aza dech”

“oh ya udah kalo gak mau, gw bilang aza kalo Dani ga jadi kerjanya. Sayang juga ya, kayanya sich tu orang seneng kalo lo kerja di sana, mau gimana lagi kalo lo gak mau, ya udah”

“lo tadi ngomong apa?” Dani langsung berganti posisi, seperti anak kecil yang mau dengerin dongeng sebelum tidur.

“koq lo bangun, katanya mau tidur dengan tenang”
“ye... give to know me please...”
“bener mau tau...”
Dani menganggukkan kepalanya

“gini, cerpen yang lo kirim itu di terima dengan baik sama kepala redaksi majalahnya, and He say me if you can to work there, bikin karya yang bagus yang sebanyak-banyaknya”

“what...!?”
“if you not believe me, lo tanya aza langsung sama kepala redaksinya. Lo tau khan tempat redaksinya”

Dani menahan air matanya, sedikit lebay sich, tapi gak apa-apa.
“thanks for all about your aid, you are real my best friend”
Mereka berpelukan, inget teletubis, he...

Comments

  1. hahaaa luchu cerita, sangat berarti juga tuh prshabtannya saling mmbntu !!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca