06 August, 2011

Ibadah Sunnah Dianjurkan Bulan Ramadhan

Ibadah-ibadah Sunnah yang Dianjurkan pada Bulan Ramadhan, Ibadah Sunnah yang Dianjurkan pada Bulan RamadhanIbadah-ibadah Sunnah yang Dianjurkan pada Bulan Ramadhan - Ketahui Ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan di sini. Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan limpahan pahala yang berlipat-lipat. Oleh karena itu sangat wajar bila dalam bulan Ramadhan, setiap muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan sunnah. Ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan sangat banyak ragamnya, kesemua ibadah tersebut bertujuan semata-mata untuk meningkatkan ketakwaan seorang hamba. Ramadhan merupakan bulan diskon dosa, oleh sebab itu melakukan berbagai Ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan merupakan salah satu cara untuk melebur dosa-dosa seorang hamba pada Allah swt.

Berikut ini beberapa bentuk Ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan, setiap mukmin sangat dianjurkan untuk melakukannya dengan jumlah yang lebih banyak pada bulan Ramadhan;

1. Membaca Al-Quran
Diantara Ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan, membaca Al Quran merupakan amalan yang cukup penting untuk dilakukan. Ramadhan merupakan bulan Al Quran, yakni dimana Al Quran dahulunya pernah diturunkan. Oleh sebab itu seorang muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak interaksi dengan Al Quran pada bulan Ramadhan.

2. Shalat sunnah
Ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan yang lainnya adalah memperbanyak shalat sunnah. Ada banyak shala sunnah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, diantaranya: tarawih, witir, tahajud, dhuha, rawatib dan sebagainya. Pada bulan Ramadhan, pahala shalat sunnah sama dengan shalat wajib.

3. Sedekah
Sedekah termasuk pada Ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan untuk dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam bersedekah di bulan Ramadhan, salah satunya adalah dengan menjamu buka puasa orang yang telah melakukan puasa.

4. Zikir
Ibadah-ibadah sunnah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan diantaranya adalah memperbanyak zikir dan memohon ampunan pada Allah akan dosa-dosa yang telah diperbuat. Ramadhan adalah bulan ampunan, maka perbanyaklah memohon ampun pada Allah di bulan Ramadhan.
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment