21 June, 2011

Kemajuan Teknologi dalam Bidang Pendidikan

Kemajuan Teknologi dalam Bidang Pendidikan, Teknologi dalam Bidang PendidikanKemajuan Teknologi dalam Bidang Pendidikan - Masih ingatkah kita ketika menyalin materi pelajaran sekolah dari papan tulis sekolah yang ditulis dengan kapur. Saat ini metode ini sudah banyak ditinggalkan dan digantikan dengan peralatan-peralatan yang lebih modern. Hal yang paling sederhana adalah dengan mengganti papan tulis dengan kapur dengan papan tulis dengan spidol yang dapat di hapus. Lalu apakah hanya sebatas itu sajakah teknologi yang berkembang? Berikut adalah berbagai kemajuan dalam teknologi yang dalam bidang pendidikan :

1. OHP (Over Head Projector).
Peralatan ini dahulu di gunakan untuk melihat kumpulan foto atau gambar bergerak. Pada zaman sekarang ini OHP banyak digunakan di kampus-kampus sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal ini di karenakan oleh kemampuan OHP untuk menginterpretasikan gambar secara efektif sehingga si pemberi materi pelajaran juga dapat menjelaskan dengan lebih detail. OHP saat ini mulai digunakan sampai ke tingkat Taman Kanak-Kanak. Hal ini memang mempermudah siswa dalam menyerap materi yang lebih beragam sekaligus menggalakan sikap malas mencatat. Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan yang demikian lebih cenderung terhadap bergesernya peralatan yang digunakan untuk pendidikan bagi generasi yang lebih muda.

Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan yang satu ini tergolong baru dan mulai di pasarkan dimana-mana. Bentuk E-book yang kecil dan ringan sangat membantu siswa dalam memperoleh materi pelajaran yang tidak terbatas. E-book menjadi sangat berguna di zaman yang serba komputarisasi ini. Pada saat ini penggunaan laptop sebagai sarana buku pekerjaan rumah dan buku pekerjaan sekolah telah marak dilaksanakan. Hal ini juga di dukung oleh koneksi internet yang mobile dan mudah. E-book mempermudah mereka yang menggunakan materi-materi pelajaran yang berasal dari luar negri atau bertaraf internasional. Dengan E-book siswa dapat menghemat pembelian buku dan juga ongkos kirimnya.

2. E- learning system
Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan yang satu ini sudah sangat mendunia. Saat ini di Indonesia masih belum terlalu populer. Dengan E-learning maka materi pelajaran dan tugas-tugasnya di atur via internet. Ada juga yang menggunakan E-learning sebagai alat untuk melakasanakan ujian-ujian. Sistem ini banyak digunakan oleh sekolah-sekolah Internasional di Jakarta yang membutuhkan verifikasi lebih lanjut terhadap pihak asing yang mengelolanya. Selain itu home schooling yang mulai populer juga menggunakan sistem yang serupa.

3. Video conference melalui internet.
Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan yang satu ini sangatlah memudahkan para pengajar untuk mengajar di waktu yang bersamaan dengan kelas atau tempat yang berbeda dengan topik yang sama. Dalam video conference siswa dapat lebih banyak berinteraksi dan mendapat lebih banyak pengetahuan karena dengan video conference siswa dapat mengetahui pertanyaan apa yang telah di lontarkan dan didiskusikan bersama.
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment