16 June, 2011

Cara Merawat Payudara

Cara Merawat Payudara, Tips - Cara Merawat PayudaraCara Merawat Payudara - Setiap wanita pasti menginginkan payudara yang indah dan sehat. Untuk mencapai hasil demikian maka payudara harus di rawat dengan rutin dan teliti. Berikut adalah cara-cara untuk merawat payudara :

1. Cara merawat payudara yang paling pertama adalah dengan menggunakan ukuran Bra yang sesuai dengan payudara. Pastikan bahwa Bra tersebut menopang seluruh bagian payudara dengan baik. Bra yang sesuai tidak akan meninggalkan jejak kemerahan pada bagian bahu dan dada.

2. Cara merawat payudara yang kedua adalah dengan melepaskan Bra ketika tidur. Hal ini membantu agar payudara dapat bergerak bebas dan beristirahat.

3. Jagalah kebersihan Bra anda. Cucilah terlebih dahulu Bra yang baru di beli. Baru bukan berarti bebas kuman dan bakteri.

4. Lakukanlah pemijatan lembut yang teratur untuk mengencangkan payudara. Untuk hasil maksimal maka pemijatan dapat dilakukan oleh profesional ataupun dengan konsultasi terlebih dahulu. Totok payudara juga di sarankan untuk menstimulasi titik-titik tertentu di payudara yang mampu membantu memproduksi ASI kelak. Cara merawat payudara yang demikian adalah alamiah dan tidak membahayakan payudara itu sendiri.

5. Lakukanlah pemeriksaan teratur untuk mendeteksi apakah terdapat benjolan ataupun kejanggalan-kejanggalan lainnya. Pemeriksaan dapat di lakukan sendiri ataupun dengan bantuan medis. Pemeriksaan dilakukan dengan cara merentangkan tangan ke atas sesuai dengan posisi payudara yang hendak di periksa. Telusuri atau pijat dengan gerakan melingkar dari arah luar ke dalam.

6. Gunakan air hangat dan kapas untuk membersihkan bagian puting dengan seksama. Hal ini adalah salah satu cara merawat payudara dengan membersihkannya dengan seksama.

7. Gunakanlah minyak zaitun atau body butter untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit payudara. Untuk kulit yang sensitif dapat menggunakan baby lotion atau produk-produk pelembab dengan label hypoallergenic-dermatology tested.

8. Berolahraga dengan menitikberatkan pada latihan otot dada dapat membantu payudara agar tidak kendur. Push up adalah salah satu contoh olahraga yang dapat membantu memperkuat otot dada.

9. Minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan serta sayur mayur dapat meningkatkan kesehatan kulit dan juga kesehatan payudara itu sendiri.

10. Mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan antioksidan seperti tomat, pomegranate, kacang kedelai dan sebagainya dapat mengurangi resiko kanker payudara.

11. Hindarilah minuman beralkohol serta merokok. Kedua hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan kulit terutama kulit-kulit di area yang sensitif. Rokok dan alkohol mempercepat penuaan kulit sehingga kulit tampak kusam.

12. Hindarilah eksplorasi berlebihan pada bagian payudara agar jaringan penyangganya tetap terjaga.

13. Bagi Ibu hamil dan menyusui, gunakanlah ‘anti stretch-mark cream’ pada masa kehamilan dan sesudahnya untuk mengembalikan elastisitas kulit serta menghilangkan stretch mark yang timbul. Hindari bagian aerola dan putting agar krem tidak terkonsumsi oleh bayi.

Demikianlah beberapa cara merawat payudara agar tetap indah terawat. Ingatlah selalu bahwa perawatan yang efektif adalah perawatan kombinasi antara perawatan luar dengan perawatan dari dalam.Payudara yang sehat dan indah adalah harta bagi seorang wanita.
Artikel Terkait
Share this article now on :

1 komentar:

Payudara said...

tips yang sangat menarik... Thanks.

Post a Comment