23 May, 2011

Tips Menghilangkan Rasa Malu

Tips Menghilangkan Rasa Malu - Sebelum mengetahui cara menghilangkan rasa malu, terlebih dahulu perlu kita pahami, apakah rasa malu yang menghinggapi diri kita itu salah? Jawabannya adalah tidak, jika rasa malu itu ditempatkan pada kondisi semestinya. Rasa malu hendaklah kita tempatkan pada kondisi-kondisi yang pas, misalnya malu jika berbuat buruk di hadapan orang, malu melakukan tindakan asusila dan sebagainya. Rasa malu seperti ini memang patut dijaga dan dipelihara, malahan jika rasa malu itu tidak ada, boleh jadi diri kita menjadi sosok yang amburadul.

Namun ada juga rasa malu yang terkadang dapat berakibat buruk pada perkembangan diri kita, misalnya malu untuk melakukan hal-hal positif terkait untuk perbaikan kualitas diri kita. Misalnya seorang yang enggan untuk bertemu dengan seorang pejabat penting karena alasan malu, takut dan sebagainya. Malu saat diminta tampil menyampaikan pendapatnya di hadapan orang ramai, serta hal-hal negatif lain yang menghambat perkembangan diri, inilah rasa malu yang patut diusir. Ada juga rasa malu yang muncul dalam diri kita karena diakibatkan oleh sikap orang lain kepada kita, misalnya melalui ucapan orang lain yang mempermalukan diri kita. Rasa malu seperti ini juga perlu diatasi agar tidak memancing emosi diri.

Bagaimanakah cara menghilangkan rasa malu yang paling efektif? Berikut ini disajikan beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk menangkal dan menghilangkan rasa malu yang bisa muncul kapan saja;

1. Jadilah ‘si PD’
Membangun rasa percaya diri yang tinggi memang tak mudah, tapi juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Rasa percaya diri bisa muncul jika kita memiliki pengetahuan yang cukup terhadap sesuatu hal. Persoalan gaya bicara dan penampilan itu bisa dilatih. Misalnya kita cenderung memiliki rasa malu jika harus berhadapan dengan orang-orang penting, atau saat diminta untuk menyampaikan sesuatu hal pada orang banyak. Maka hal perlu dilakukan untuk dapat mengatasi rasa malu jenis ini adalah dengan memperkaya pengetahuan, melatih gaya bicara yang baik, serta menjaga penampilan diri, baik penampilan fisik maupun soft skill yang lain. Jangan berpenampilan atau berpakaian acak-acakan agar rasa percaya diri Anda muncul.

2. Bergurau dengan cerdas
Cara menghilangkan rasa malu yang satu ini bisa Anda gunakan untuk menangkal rasa malu yang diakibatkan oleh sikap atau pernyataan orang lain pada diri Anda di hadapan orang ramai. Siapa orangnya yang tak sedih jika dipermalukan di depan orang ramai? Jika Anda sosok yang kuat dan tegar saat dipermalukan oleh rekan Anda, Anda bisa membalas ucapan teman Anda dengan nada gurauan yang cerdas.

Misalnya ada teman Anda yang menanyakan begini, “Kamu kenapa sih tidak mau cepat-cepat menikah? Apa kamu mau jadi perawan tua?” Bagi sebagian wanita, mendapatkan pertanyaan seperti ini tentulah memicu rasa malu pada dirinya, terlebih jika pertanyaan itu diungkapkan di hadapan orang ramai. Anda bisa memberikan jawaban cerdas yang dapat mematikan lawan bicara Anda, jawablah pertanyaan itu dengan pernyataan berikut, “Saya sedang mencari seseorang yang beruntung untuk mendapatkan saya.”
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment