Skip to main content

Naskah Pidato Kebudayaan Indonesia

Judul Pidato tentang Kebudayaan Indonesia:
Kreativitas dalam Melestarikan Kebudayaan Indonesia

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Bapak Ibu dan teman-teman sekalian. Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya acara pada hari ini dengan baik. saya juga megucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah di persilahkan Dalam pidato ini saya hendak menyampaikan mengenai pentingnya kreativitas dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

Naskah Pidato Kebudayaan Indonesia Ilustrasi by_royyan.jpgSebagaimana kita ketahui, kebudayaan Indonesia terbentang dari Sabang sampai Marauke. Memiliki puluhan warisan kebudayaan yang kaya akan seni. Banyak bangsa yang kagum dan ingin mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya bangsa mereka.

Oleh karena hal itu maka kita sebagai generasi muda sangatlah baik jika kita menyadari bahwa kebudayaan adalah harta yang tidak tergantikan. Kebudayaan tidak dapat diciptakan dengan mudah , apalagi dengan waktu yang singkat. Memang telah banyak upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, namun upaya tersebut belum maksimum.

Salah satu kebudayaan Indonesia yang melegenda adalah batik. Batik merupakan salah satu hasil budaya yang telah mendunia dan pada masa akhir-akhir ini, batik mulai mendapat sorotan dari generasi muda. Batik day adalah hari dimana semua pihak di ajak untuk menggunakan batik. Hal ini sangatlah baik bagi generasi muda dan kelangsungan budaya batik itu sendiri. Kreativitas batik akan berkembang dengan sendirinya dengan banyaknya permintaan. Tata busana yang modern dan sesuai dengan usia akan menjadikan batik sebagai sarana kreativitas bagi para perancang muda. Buatlah batik menjadi tombak fashion baik formal, semi formal dan informal. Rancanglah batik dengan fashion yang orisinil namun sangat trendy jika di kenakan oleh setiap jenjang generasi.

Selain batik, masih terdapat juga kain-kain lain yang tidak kalah indah seperti kain songket, kain ulos dan sebagainya. Sudah saatnya kita sebagai generasi muda mengolah hasil budaya tersebut tanpa menghilangkan orisinalitasnya. Jadikanlah batik sebagai salah satu ikon fashion yang keren dan menarik bagi generasi muda.

Selain batik, kebudayaan Indonesia yang paling sering di minati adalah tari daerah. Tarian Indonesia tidak kalah eksotis dan gemulai di bandingkan dengan Negara lain. Banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Indonesia hanya untuk melihat tarian asli Indonesia tersebut. Pernahkah anda menyaksikan festival budaya atau penyambutan tamu-tamu penting yang datang ke Indonesia. Seni musik dan tari yang di sugguhkan sangat luar biasa.

Menurut pendapat saya seni tari daerah harus diperkenalkan di kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga menjadi ajang kontes yang tidak kalah menarik dengan kompetisi pemandu sorak. Padukanlah tarian daerah dengan tarian modern, seperti salah satu konsep tarian dalam salah satu acara terpopuler di Indonesia. Hilangkanlah konotasi bahwa tarian daerah tidak gaul. Berkreasilah, jadikanlah tarian daerah asli Indonesia sebagai salah satu subjek tarian yang di minati.

Selain kreativitas, faktor promosi juga berperan penting. Promosikanlah Seni Budaya Indonesia ke mancanegara dengan ide-ide yang menarik dan unik. Dengan demikian Seni Budaya Indonesia mendapat pengakuan internasional dan tidak mudah untuk di duplikasi. Janganlah pernah bosan dalam berkreasi, lestarikanlah kebudayaan Indonesia, hidupkanlah jati diri anda sebagai bangssa Indonesia.

Sekian pidato dari saya. Terima kasih atas perhatiannya.

-----------------------------
Teks Naskah Pidato tentang Kebudayaan Indonesia ini sangat langka. Pidato yang dibawakan saat iven budaya di Indonesia ini adalah naskah asli tim StudentMagz.com, mohon hormati dan hargai Hak Kekayaan Intelektual kami.
Sumber foto kebudayaan Indonesia: Royyan.DeviantArt.com

Comments

  1. Betul abiz..emang indonesia kaya akan budaya, tapi pada malas mengolahnya. coba kalo di olah, pasti menghasilkan komoditi yang ok

    ReplyDelete
  2. tanks..
    pidatonya topp..

    ReplyDelete
  3. pidatonya bagus baget. jadi mau bikin pidato tentang ini

    ReplyDelete
  4. Aku jadi terinpirasi dari pidato ini. . . . . .aku ingin jadi lebih kereatif
    by oky. . . .bakung- bungbulang. . . . .

    ReplyDelete
  5. tanks yah naskah nya....

    ReplyDelete
  6. makasih ya Naskah Pidatonya..
    jangan lupa visit balik..

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca