29 March, 2011

Zodiak

Zodiak

Zodiak yang merupakan sebuah sabuk melingkar sebesar 18o yang berpusat pada lingkaran ekliptika berasal dari bahasa Latin , Zoodiacos Cyclos, yang berarti lingkaran hewan. Pada sabuk ini terdapat 13 buah rasi bintang. Ke 12 rasi bintang digunakan dalam ramalan bintang yang umumnya dikenal sebagai hosroskop atau ramalan zodiak.

Zodiak dipercaya sudah berumur 3.000 tahun. Zodiak dipercaya dipergunakan pada zaman Mesir kuno serta Babilonia . Zodiak bermula pada 1000 SM dimana seorang astronom dari Babilonia membagi langit menjadi dua belas bujur untuk menciptakan sistem koordinat yang digunakan dalam kalender bangsa Babel. Dari system koordinat inilah planet-planet sekitar bumi ditemukan. Berdasarkan data documenter, Zodiak juga digunakan pada zaman Romawi. Romawi mendapat sistem zodiak dari seorang astronom Babilonia juga. Pada zaman ini pemimpin Romawi menggunakan zodiak sebagai alat untuk mengambil langkah-langkah dan keputusan-keputusan yang tepat dalam memepertahankan kepentingan dan kekuasaan yang mereka miliki.

Bukti penemuan bahwa zodiak sudah berada pada 1 SM adalah dengan ditemukannya dua buah batu bertuliskan bahasa Asiria yang kemudian dinamakan sebagai Stars of the Plough. Kedua batu tersebut di temukan di perpustakan Raja Ashurbanipal yang merupakan penguasa Asyur pada tahun 669 – 626 SM. Batu tersebut berisi tentang semua ilmu pengetahuan astronomi yang di miliki oleh bangsa Mesopotamia pada 7 SM. Stars of the Plough membagi langit di bagian Timur menjadi tiga bagian. Bagian Utara berisi rasi bintang Cancer, Leo dan Ursa. Bagian tengah berisi Pisces, Aries, Taurus dan Pleiades. Bagian selatan berisi Scorpio, Sagitarius, Capricorn dan Aquarius. Ketiga bagian ini kemudian dibagi lagi menjadi 12 bagian.

Berdasarkan penemuan Asiria, di temukan bukti sejarah yang lebih jelas, yang dinamakan sebagai Apin Mul. Pada Apin Mul, rasi bintang di gambarkan dengan lebih jelas dan teliti. Bentuk dan struktur lebih terlihat dan detail. Dalam merancangkan system yang tepat mereka mengalami keseulitan dalam menetapkan Vernal Equinox yang merupakan awal dari segala rasi bintang. Rasi bintang pertama dipercayai di pegang oleh rasi bintang Aries. Berdasarkan posisinya maka Aries merupakan lambing dari musim semi.

Zodiak Aquarius
Berdasarkan mitologi Yunani. Dewa Jupiter jatuh cinta kepada seorang pemuda cantik bernama Ganymede yang merupakan anak dari raja Troy. Dewa Jupiter dalam rupa elang memmbawa pemuda ini ke Olympus, tempat kediamannya. Tak lama kemduan ia menjadi pemuda yang bertugas untuk menyuguhkan air dalam gentong kepada para dewa. Aquarius di anggap bertanggung jawab atas pencurahan air terhadap bumi. Dengan airnya Aquarius memusnahkan bumi dan Zeus memulainya kembali.

Kecantikan Aquarius membuat orang yang berada di rasi bintang ini memiliki kreativitas dan gemar akan seni dan budaya. Berpenampilan menarik dan menawan sering kali melekat pada jati diri Aquarius. Kelembutan, ketenangan dan kecerdasan adalah cirri khas dari Aquarius.

Zodiak Pisces
Dalam mitologi Yunani – Romawi, lambang Pisces adalah lambang penyelamatan diri. Hal ini terjadi ketika Aphrodite, dewi kecantikan dan Heros anaknya sedang dikejar oleh Typhon raksasa. Mereka merubah dirinya menjadi ikan dan meloloskan diri dari kejaran tersebut. Agar tidak terpisah ekor mereka diikat satu dengan yang lainnya.
Mitos ini yang dianggap sebagai pelandasan atas sifat penyendiri Pisces yang selalu melarikan diri dari jati diri yang sesungguhnya. Mereka juga tergolong emosional dan plin plan dalam mengambil keputusan.

Zodiak Aries
Rasi bintang Aries digunakan sebagai pertanda untuk panen dan menaman kembali lahan pertanian. Mitos Babel, Mesir , Persia dan Yunani mengenal Aries sebagai bintang Ram. Ram adalah serupa dengan domba jantan. Dalam mitologi Yunani, Ram adalah domba jantan yang di kirim oleh dewa Hermes untuk menyelamatkan kedua anak dari raja Thessaly yang sedang di siksa oleh ibu tiri mereka.

Petualangan si domba jantan membuat Aries menyukai tantangan dan tidak menyukai hal yang monoton. Sifat nya yang maju terus pantang mundur menjadikan Aries keras kepala dan sulit untuk di nasehati. Aries adalah tipe yang patuh jika ia merasa orang yang memberikan perintah berkuasa atas dirinya.

Zodiak Taurus
Rasi bintang Taurus menandakan bahwa saatnya ternak-ternak dikembang biakan ditemani dengan damainya suasana pegunungan dan kicauan burung nan merdu. Taurus dilambangkan sebagai sapi jantan atau banteng putih yang di puja oleh berbagai bangsa pada zaman itu. Berdasarkan mitos Babilonia. Taurus adalah kutukan dari dewi Venus yang ditolak cintanya oleh Gilgames. Venus meminta Zeus membuatkan Banteng di langit untuk menghancurkan Gilgames. Namun terdapat juga mitos yang mengatakan bahwa Taurus adalah lambang kemarahan Poseidon sebagai dewa laut terhadap raja Minos yang menolak untuk mengorbankan banteng putih. Poseidon lalu meracuni istri raja Minos, sehingga istri raja Minos bersetubuh dengan banteng putih tersebut serta melahirkan apa yang di kenal dengan Minatour. Minatour adalah mahluk setengah manusia dan setengah hewan. Untuk menyembunyikan aib tersebut raja Minos membangun sebuah labirin untuk menyembunyikannya. Semenjak itu Taurus merupakan lambang nafsu kebinatangan manusia, yang lebih sopan di kenal dengan seksualitas.
Berdasarkan perlambangan banteng tersebut. Taurus sering kali di kaitkan dengan kesuburan, kekuatan yang solid dan bersahaja serta kekayaan. Hal ini mungkin di kaitkan dengan penggunaan Banteng putih sebagai alat pembajak sawah yang kemudian hari menghasilkan banyak rejeki bagi pemiliknya. Watak dan Sejarah Banteng putih membuat Orang yang bernaung dalam rasi bintang Taurus sebagai orang yang tangguh dalam mencapai cita-citanya serta mampu mendobrak kesukaran apapun yang merintanginya. Namun kelambatan dan kemalasan mereka seringkali menjadi batu sandungan.

Zodiak Gemini
Gemini menandakan saat penyerbukan bagi bunga-bunga di padang rumput. Dalam mitologi Yunani. Gemini merupakan lambang anak kembar yaitu Castor dan Pollux. Mereka berdua adalah keturunan dari Zeus dengan Leda. Mereka berasal dari satu telur . Pada suatu ketika Zeus mengirim si kembar untuk memperoleh bulu domba emas. Dalam perjalanannya Castor terbunuhu dan Pollux menjadi murka karena kehilangan saudara yang sangat ia kasihi. Oleh karena itu maka Zeus menaruh mereka sebagai anak kembar yang berdampingan di langit.
Berdasarkan cerita di atas Gemini sering kali di karakterkan sebagai orang yang cerdik, tepat dan cepat serta berpengetahuan yang luas. Hal ini berkaitan dengan cara-cara Castor dan Pollux untuk mendapatkan bulu domba emas. Kemurkaan Pollux dan kekecewaannya tercermin dalam sikap Gemini yang suka berubah-ubah sesuai dengan keinginan hatinya.

Zodiak Cancer
Cancer adalah rasi bintang yang menandai bermekarannya bunga-bunga dan juga buah-buahan mulai matang. Cancer di lambangkan sebagai kepiting. Dalam mitologi Yunani, Kepiting adalah hewan yang dikirim oleh dewa hera untuk mengalihkan perhatian Hercules dalam pertarungannya dengan Hydra. Hercules menghancurkan kepiting tersebut dengan kakinya. Atas jasanya Hera menaruh sang kepiting di langit.

Cangkang kepiting yang keras melambangkan watak Cancer yang selalu bersandar kepada orang lain yang dapat ia andalkan. Kehancuran cangkang dan kemampuan capit dari kepiting seringkali menjadikan orang Cancer penakut dan hanya menggertak saja. Namun kesetiaannya dalam mengemban tugasnya patut di acungi jempol.

Zodiak Leo
Leo menandakan awal panen pertama terutama buah-buahan. Dalam mitologi Yunani, Singa Nemea adalah hewan yang menyebabkan malapetaka bagi manusia yang harus di bunuh oleh Hercules. Dalam pertarungannya, Hercules melemparkan potongan kayu ke araha ternggorokan Singa tersebut sehingga ia akhirnya mati tersedak. Hercules kemudian membungkus dirinya dengan bagian tubuh dari Singa Nemea tersebut untuk melindungi dirinya dari serangan Hydra. Roh Singa Nemea menemukan jalan ke Surga dan mendapat posisinya di langit.

Sifat Singa Nemea tercermin dalam Leo. Pujian dan keagungan adalah dambaannya dan ketika amarah menguasainya, Leo acap kali lupa daratan dan meledak-ledak dalam amarahnya. Walapun demikian Leo adalah pelindung yang sejati bagi orang yang di cintainya.

Zodiak Virgo
Virgo menandakan saat panen hampir tiba dan penduduk di sibukan dengan persiapan untuk penanaman berikutnya. Virgo adalah satu-satunya wanita yang ada dalam zodiak. Virgo dianggap sebagai representasi dari dewi kemurnian, Astarea. Ia tewas ketika menjadi dewi terakhir yang meninggalkan bumi untuk menghindari wabah dari Pandora. Kemurniannya membuat ia mendapat tempat di langit. Sifat feminin dan juga kesempurnaan melekat pada lambang zodiak ini. Orang yang bernaung dibawah zodiak ini memiliki watak yang logis dan kritis dalam berpikir.

Zodiak Libra
Libra menandakan udara yang mulai mendingin. Berbagi tempat peraduan dan berbagi sarang adlah saat yang tepat dalam rasi bintang Libra. Dalam waktu tersebut persiapan untuk panen sudah mencapai final. Dalam mitologi Yunani. Libra adalah dewi Themis, dewi keadilan yang selalu membawa skala. Mitos ini membuat Libra sebagai negosiator yang ulung dan yakin bahwa kemenangan berada di pihaknya.

Zodiak Scorpio
Pada saat rasi bintang Scorpio, semua penduduk menunggu saat yang tepat untuk memanen semua hasil bumi. Berasal dari kata Scorpius yang berarti kalajengking. Scorpio berhasil membunuh dewa Orion anak dewa Poseidon dengan sengatannya yang mematikan. Oleh karena itu maka ekor scorpio terlihat di jepit oleh Sagitarius dan mengarah ke Libra dengan demikian maka Scorpio dapat dikendalikan. Watak orang yang bernaung dalam scorpio sangatlah pendendam dan akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk menghancurkan lawannya setangguh apapun.

Zodiak Sagitarius
Hasil semua panen di simpan untuk masa mendatang dan bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan jauh, pada waktu rasi bintang inilah yang terbaik. Sagitarius terletak di bima sakti. Sagitarius sering kali di lambangkan menyerupai Centaur. Centaur adalah mahluk mitos dalam mitologi Yunani yang berupa separuh orang dan separuh kuda. Ia sedang menarik busur dan anak panahnya. Dalam mitologi Yunani , ia bernama Cheiron yang memandu Castor dan Pollux dalam perjalanannya mengambil bulu domba emas. Cheriron adalah mahluk abadi yang tidak dapat mati namun merasakan sakit . Cheiron adalah sahabat bagi para pahlawan dan sesama dewa. Pada suatu hari ia terluka parah dan ia memutuskan untuk menggantikan posisi Pormetheus . Ia kemudian di tolong oleh dew Heracles dan di letakan di langit sebagai tanda penghormatan baginya. Panah Sagitarius melambangkan terorientasinya hidup Sagitarius dengan ambisi dan impiannya. Ia memiliki kecepatan berpikir dan bertindak lebih baik dibandingkan orang pada umumnya.

Zodiak Capricorn
Pada masa ini masyarakat menanti udara yang mulai menghangat. Capricorn dalam mitologi Yunani di sebut sebagai kambing laut. Hal ini berkaitan dengan pelarian dewa Pan yang menceburkan dirinya kedalam sungai Nil. Namun hanya badannya yang menjadi ikan sedangkan kepalanya tetap menjadi kambing. Namun terdapat juga mitos yang mengatakan bahwa Capricorn adalah kambing bernama Amalthe yang memberi makan Zeus ketika ia masih bayi dan Zeus meletakkannya di langit sebagai rasa terimah kasihnya kepada Amalthea. Moto maju terus pantang mundur sangatlah cocok untuk seorang Capricorn dan mereka yang bernaung dibawah zodiak ini di berkahi dengan kesabaran, kelembutan dan hati yang kuat.

----------------------------
Mau baca ramalan zodiak hari ini disini.
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment