Skip to main content

Puisi Romantis

Puisi Romantis - Tahukah Anda apa itu puisi romantis? Dan kenapa pula puisi selalu diidentikkan dengan hal-hal yang romantis? Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang memuat rangkai kalimat dan kata-kata indah. Estetika merupakan hal terpenting dalam sebuah karya sastra puisi. Puisi merupakan perwujudan ekpresi kondisi batin seseorang, pengalaman empirik serta luahan keterdesakan perasaan. Di dalam sebuah karya puisi terkandung berbagai macam emosi sang penyair. Muatan puisi akan sangat bergantung pada kondisi emosi seorang penyair pada saat menulisnya. Ada puisi yang yang bernada sedih, marah, kecewa, bahagia, kritik dan sebagainya. Demikian pula kiranya dengan puisi romantis.

Puisi RomantisPuisi romantis biasanya akan terlahir begitu saja oleh para penyair yang sedang dilanda perasaan bahagia, cinta dan sebagainya. Kondisi jiwa seseorang yang sedang jatuh cinta biasanya akan cenderung sangat mudah menulis kalimat-kalimat indah dengan rangkaian diksi yang apik. Orang-orang yang pada kondisi sadar mengaku tidak dapat menulis puisi pun ternyata mampu melahirkan puisi-puisi romantis pada saat mereka dilanda perasaan jatuh cinta.

Puisi romantis sangat tepat diberikan kepada pasangan Anda. Ungkapan rasa cinta akan muncul secara indah melalui karya puisi. Puisi romantis juga biasanya bisa diberikan pada pasangan Anda di saat momen-momen istimewa seperti ulang tahun, hari pernikahan maupun sekedar ekpresi rasa cinta Anda setiap saat.

Berikut ini beberapa contoh puisi romantis dengan rangkaian diksi yang identik dengan perasaan orang yang sedang jatuh cinta:

Puisi Romantis I
Rindu Rumit
Aku telah di sini untuk sekian waktu
Di ceruk rindu celah matamu
Menunggumu di belahan dedaun doa

Aku lembayung senja di teras cinta
Menghantar segelas kasih dalam nampan-nampan helamu
Cinta ini terlalu lama kunanti
Seperti bebatang pohon ribuan tahun

Kau salju harapan
Merinduimu terlalu rumit,
Seperti tiga baris teka teki silang

Puisi Romantis II
Kidung Sumbang
Di senja menua kuhadir menyusun pelepah kata cinta
antara kidung-kidung sumbang,
cintamu mungkin kemustahilan
kau, ingatlah bahwa bertahun telah kunanti lembut jawabmu
membawakanku segelas sajak rindu, diantara pagi bisu

Puisi Romantis III
Bidadari Merona
merangkaimu dalam pijaran mimpi,
Nay; cintaku kasturi syurga
kusinggahkan kata rindu,
bidadari merona

Nay; aku bukan pangeran arroyyanTautan
tapi aku punya kesetiaan

Ekpresi cinta memang sangat tepat jika diungkapkan dalam bentuk puisi romantis. Puisi merupakan rangkaian bahasa-bahasa indah, hal ini sangat sesuai dengan perasaan seseorang yang sedang dilanda jatuh cinta. Romantisme merupakan kombinasi dari rasa cinta, rindu, harapan, kesetiaan dan sebagainya. Bagi Anda yang mengaku tidak bisa menulis puisi romantis untuk pasangan, Anda tak perlu khawatir karena kemampun untuk menulis puisi romantis dapat muncul begit saja secara mudah bagi orang-orang yang sedang dilanda jatuh cinta. Jangan lupa baca juga: Puisi Cinta Romantis

Comments

  1. Luv this article!COMPLETE!Semua yg dinyatakan adalah sama dgn apa yg pd diriku seorang pengarang puisi CINTA.Kunjunglah blog saya kalau tak busy!>.<

    ReplyDelete
  2. ya bener banget puisi itu ungkapan perasan kita...

    ReplyDelete
  3. utuk pacar kalian masing masing tuh

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca