15 March, 2011

Pidato Sambutan Peringatan Hardiknas

Pidato Sambutan Peringatan Hardiknas
-----------0000------------------------


Saudara-saudara hadirin yang kami hormati

Hari ini tepat tanggal 2 Mei kita bersama-sama berkumpul memperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang juga merupakan hari bersejarah bagi bangsa indonesia.

Saya katakan bersejarah karena kita sebagai bangsa yang merdeka telah pernah mencatat, bahwa pendidikan di Indonesia juga pernah kita pergunakan sebagai andil besar dalam rangka memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kita menyadari bahwa bangsa yang maju tercermin dalam tingkat pendidikannya yang berlaku. Indonesia pernah dijajah bangsa lain dalam kurun waktu yang cukup lama. Telah banyak ketinggalan kita dengan negara-negara maju lainnya. Akibat dari penjajahan membuat bangsa kita menjadi keterbelakangan. Tingkat kemajuan menjadi kacau. Penjajah memanfaatkan kemunduran ini untuk tetap menjajah dan menguras kekayaan ..INDONESIA.

Kini menjadi .....sejarah bangsa Indonesia telah mencatat lahirnya Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan. Beliau telah mempelopori pendidikan bangsa. Beliau yakin, untuk membangun bangsa dan negara diperlukan generasi-generasi yang pandai dan cakap. Kecakapan itu hanya diperoleh dengan menganggap pentingnya arti pendidikan bagi sebuah bangsa.

Semangat inilah yang mendorong beliau untuk mewujudkan cita-citanya. Didirikanlah sekolah-sekolah. Mula-mula dalam bentuknya yang sederhana. Dari sana muncullah generasi-generasi pelopor bangsa. Yang padaakhirnya bangkit mengusir penjajah di persada Indonesia.

Kini hasil perjuangan Ki Hajar Dewantara telah tampak. Banyak sekolah-sekolah yang berdiri bagai jamur di musim hujan, bangsa Indonesia makin sadar berapa pentingnya pendidikan itu.

Kini kita sebagai bangsa yang merdeka. Marilah kita tingkatkan mutu pendidikan ini dengan lebih banyak lagi menyumbangkan moril ataupun materil untuk kemajuan bangsa dan negara.
Kini tak pelak lagi bahwa pendidikan, merupakan kebutuhan mutlak yang harus kita bina, kita tingkatkan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan.
Demikian singkat sambutan kami, selamat belajar, selamat berjuang. Terima kasih........


-----------0000------------------------
Pidato Sambutan Peringatan Hardiknas
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment