28 March, 2011

Fenomena Alam

Fenomena Alam

Fenomena alam merupakan hal yang sering kali terjadi akhir-akhir ini. Fenomena alam tidaklah selalu berkaitan dengan bencana alam. Fenomena alam lebih mengarah kepada keanehan atau ketidak umuman peristiwa alamiah yang terjadi di sekitar kita. Pelangi adalah salah satu contoh fenomena alam yang sederhana namun dapat dijelaskan secara ilmiah. Hal ini dikarenakan oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Pernahkah anda bayangkan, apa yang di pikirkan manusia purba ketika melihat pelangi? Secara ekstrim mereka mungkin akan menganggapnya sebagai Tuhan yang sedang berbicara dan memujanya. Sedangkan kita yang sudah mengenal pelangi sejak bangku sekolah, tentu saja menganggap fenomena pelangi sebagai hal yang biasa saja.

Fenomena Alam Gempa-Dan-Tsunami-Jepang
Fenomena alam menjadi hal yang di khawatirkan ketika mulai mengancam jiwa manusia. Pelangi, aurora dan sebagainya tidak mengancam jiwa manusia berbeda dengan tsunami, gempa bumi, longsor dan sebagainya. Fenomena alam yang negatif, akhir-akhir berkembang dan menjadi hal yang sangat dasyat. Hal yang paling mengejutkan adalah Tsunami di Jepang yang memicu bocor dan meledaknya reactor nuklir yang mereka gunakan sebagai pembangkit tenaga. Walaupun jepang terkenal dengan teknologi anti gempanya dan sangat mampu mengatasi kondisi apapun namun pada bencana kali ini mereka di hadapkan kepada ketakutan terbesar manusia yaitu efek radiasi dari nuklir. Kabar burung mengenai efek nuklir ini memenuhi hampir semua messanger di berbagai Negara. Kejadian ini benar-benar menunjukkan betapa manusia adalah mahluk yang egois dan mulai memperhatikan ketika diri merekalah yang terancam.

Sebenarnya jika kalian perhatikan, semenjak Tsunami di Jepang cuaca di Indonesia mengalami fenomena alam juga. Suhu yang ekstrim dan kelembaban yang meningkat di sertai dengan hujan dan angin yang tiba-tiba juga merupakan fenomena alam. Hal ini dapat sangat di rasakan jika anda berada di daerah dekat pesisir seperti di daerah Jakarta utara. Jika fenomena- fenomena alam ini terus tidak terkendali maka keberlangsungan pangan juga akan terpengaruh. Bagaimana pun pertanian di Indonesia rata-rata sangat mengandalkan alam.

Lalu bagaimana dengan meletusnya gunung merapi? Fenomena alam yang satu ini sangat luar biasa dasyat dan mengundang duka cita. Alam seakan-akan marah dan melahap segala sesuatunya dengan api amarah. Lalu siapakah yang bertanggung jawab atas fenomena alam ini?

Manusialah yang berulah sehingga mengganggu kestabilan ekosistem. Global warming di anggap sebagai pemicu dari semua bencana ini. Ketika global warming di isukan , tidak sedikit orang yang mencibir dan meremehkan efek dari global warming ini. Namun sekarang ketika semua fenomena alam acap kali terjadi dan menggangggu kenyamanan manusia, barulah mereka mulai berpikir apa yang telah mereka lakukan.

Fenomena alam merupakan salah satu cara alam dan Yang Maha Kuasa untuk mengingatkan manusia akan kebesaran penciptanya dan akan tugas manusia sebagai penjaga alam semesta ini. Dengan banyaknya fenomena alam mereka diingatkan bahwa status mereka sebagai mahluk tertinggi bukan semata-mata anugerah, ada tanggung jawab yang melekat pada mereka. Sehebat-hebatnya ilmu pengetahuan tetap saja alam lebih berkuasa.
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment