Skip to main content

Cerpen 2013 - Kumpulan Cerpen Terbaik

Cerpen Terbaru 2013 - Sebelum membaca cerpen di bawah ini ada baiknya mengecek kumpulan cerpen 2013 kami berikut:

- Kumpulan Cerpen 2013
- Kumpulan Cerpen Cinta
- Kumpulan Cerpen Pendidikan
- Kumpulan Cerpen Islami
 Berikut salah satu cerpen koleksi terbaik kami:
----------------------------


Arti Persahabatan

cerpen, cerpen, kumpulan cerpenBagiku arti persahabatan adalah teman bermain dan bergembira. Aku juga sering berdebat saat berbeda pendapat. Anehnya, semakin besar perbedaan itu, aku semakin suka. Aku belajar banyak hal. Tapi ada suatu kisah yang membuat aku berpendapat berbeda tentang arti persahabatan. Saat itu, papa mamaku berlibur ke Bali dan aku sendirian menjaga rumah...


“Hahahahaha!” aku tertawa sambil membaca.


“Beni! Katanya mau cari referensi tugas kimia, malah baca komik. Ini aku menemukan buku dari rak sebelah, mau pinjam atau tidak? Kamu bawa kartu kan? Pokoknya besok kamis, semua tugas kelompok pasti selesai. Asal kita kerjakan malam ini. Yuhuuuu... setelah itu bebas tugas. PlayStation!” jelas Judi dengan nada nyaring.


Judi orang yang simpel, punya banyak akal, tapi banyak juga yang gagal, hehehe.. Dari kelas 1 SMA sampai sekarang duduk di kelas 2 - aku sering sekelompok, beda lagi kalau masalah bermain PlayStation – Judi jagoannya. Rasanya seperti dia sudah tau apa yang bakal terjadi di permainan itu. Tapi entah kenapa, sekalipun sebenarnya aku kurang suka main PlayStation, gara-gara Judi, aku jadi ikut-ikutan suka main game.


Sahabatku yang kedua adalah Bang Jon, nama sebenarnya Jonathan. Bang Jon pemberani, badannya besar karena sehari bisa makan lima sampai enam kali. Sebentar lagi dia pasti datang - nah, sudah kuduga dia datang kesini.


“Kamu gak malu pakai kacamata hitam itu?” Tanyaku pada Bang Jon yang baru masuk ke perpustakaan. Sudah empat hari ini dia sakit mata, tapi tadi pagi rasanya dia sudah sembuh. Tapi kacamata hitamnya masih dipakai. Aku heran, orang ini benar-benar kelewat pede. Aku semakin merasa unik dikelilingi dua sahabat yang over dosis pada berbagai hal.


Kami pulang bersama berjalan kaki, rumah kami dekat dengan sekolah, Bang Jon dan Judi juga teman satu komplek perumahan. Saat pulang dari sekolah terjadi sesuatu.


Kataku dalam hati sambil lihat dari kejauhan “( Eh, itu... )”.
“Aku sangat kenal dengan rumahku sendiri...” aku mulai ketakutan saat seseorang asing bermobil terlihat masuk rumahku diam-diam. Karena semakin ketakutannya, aku tidak berani pulang kerumah.
“Ohh iya itu!” Judi dan Bang Jon setuju dengan ku. Judi melihatku seksama, ia tahu kalau aku takut berkelahi. Aku melihat Judi seperti sedang berpikir tentangku dan merencanakan sesuatu.
“Oke, Beni – kamu pergi segera beritahu satpam sekarang, Aku dan Bang Jon akan pergoki mereka lewat depan dan teriak .. maling... pasti tetangga keluar semua” bisikan Judi terdengar membuatku semakin ketakutan tak berbentuk.


Karena semakin ketakutan, terasa seperti sesak sekali bernafas, tidak bisa terucapkan kata apapun dari mulut. “...Beni, ayo...satpam” Judi membisiku sekali lagi.


Aku segera lari ke pos satpam yang ada diujung jalan dekat gapura - tidak terpikirkan lagi dengan apa yang terjadi dengan dua sahabatku. Pak Satpam panik mendengar ceritaku – ia segera memberitahu petugas lainnya untuk segera datang menangkap maling dirumahku. Aku kembali kerumah dibonceng petugas dengan motornya. Sekitar 4 menit lamanya saat aku pergi ke pos satpam dan kembali ke rumahku.


“Ya Tuhan!” kaget sekali melihat seorang petugas satpam lain yang datang lebih awal dari pada aku saat itu sedang mengolesi tisu ke hidung Bang Jon yang berdarah. Terlihat juga tangan Judi yang luka seperti kena pukul. Satpam langsung menelpon polisi akibat kasus pencurian ini.


“Jangan kawatir... hehehe... Kita bertiga berhasil menggagalkan mereka. Tadi saat kami teriak maling! Ternyata tidak ada tetangga yang keluar rumah. Alhasil, maling itu terbirit-birit keluar dan berpas-pasan dengan ku. Ya akhirnya kena pukul deh... Judi juga kena serempet mobil mereka yang terburu-buru pergi” jawab Bang Jon dengan tenang dan pedenya.
Kemudian Judi membalas perkataan Bang Jon “Rumahmu aman - kita memergoki mereka saat awal-awal, jadi tidak sempat ambil barang rumahmu.”


Singkat cerita, aku mengobati mereka berdua. Mama Judi dan Ban Jon datang kerumahku dan kami menjelaskan apa yang tadi terjadi. Anehnya, peristiwa adanya maling ini seperti tidak pernah terjadi.
“Hahahahaha... “ Judi malah tertawa dan melanjutkan bercerita tentang tokoh kesayangannya saat main PlayStation. Sedangkan Bang Jon bercerita kalau dia masih sempat-sempatnya menyelamatkan kacamata hitamnya sesaat sebelum hidungnya kena pukul. Bagaimana caranya? aku juga kurang paham. Bang Jon kurang jelas saat bercerita pengalamannya itu.


“( Hahahahaha... )” Aku tertawa dalam hati karena mereka berdua memberikan pelajaran berarti bagiku. Aku tidak mungkin menangisi mereka, malu dong sama Bang Jon dan Judi. Tapi ada pelajaran yang kupetik dari dua sahabatku ini.


Arti persahabatan bukan cuma teman bermain dan bersenang-senang. Mereka lebih mengerti ketakutan dan kelemahan diriku. Judi dan Bang Jon adalah sahabat terbaikku. Pikirku, tidak ada orang rela mengorbankan nyawanya jika bukan untuk sahabatnya ( Judi dan Bang Jon salah satunya ).


----------------------------
Cerpen tentang persahabatan yang berjudul Arti Persahabatan ini buah karya Loeis Chandra, Mahasiswa di Sidoarjo - Jawa Timur. Cerpen arti Persahabatan juga telah ditayang pada Cerpen Persahabatan.

Comments

  1. wew,
    it's a nice story

    ReplyDelete
  2. kurang dalam merangkai kata-kata yang menarik...
    lebih diperindah lagi ya...

    ReplyDelete
  3. persahabatan memang luarr biasaaaa......!!!!!!!!

    ReplyDelete
  4. kunjungan malam sobat,,,,, salam hangat ajah deh he,,he,,

    ReplyDelete
  5. cerpenx bgs bgt dech..........low bs bg2 donk ilmux gmna sich br bs nulis cerpen...............

    ReplyDelete
  6. persahabatan itu yang terbaik

    ReplyDelete
  7. hikmahnya dapet banget....

    ReplyDelete
  8. I like your story

    ReplyDelete
  9. bagiku persahabtan yang tdk bs di pshkan

    ReplyDelete
  10. I like your storyI like your story

    ReplyDelete
  11. Mantabb. . .
    Stlh aq bc ne,
    aq jd ingt betapa pentingny arti prsahabatan. .

    ReplyDelete
  12. seruu ceritanya... setuju dengan makna arti sahabat :)

    ReplyDelete
  13. wah cerpennya bagus banget.. memang benar sahabat adalah teman sejati kita yang engga bisa tergantikan.. :)

    ReplyDelete
  14. cwe imuetzzzzzzzzzzzzzFriday, 09 September, 2011

    shabat mank luar biaza dehC

    ReplyDelete
  15. crita yg bgus,,,tp msih byak hal yg perlu d'perbaiki sperti pelafal'n bahasa,,,,good luck smoga yg slanjutnya jauh lbih bgus lg?!

    ReplyDelete
  16. Gw kagum sama Cerpen kamu, bgs buangetssszzz.....

    ReplyDelete
  17. .panjang bukan berarti bukan cerpen. yang di maksud cerpen itu mungkin bisa saja ceritanya panjang, namun waktunya tidak sampai berhari-hari, mungkin hanya 1-2 hari,.,..,
    so --> lanjutkan,..,!! Pertamax,.!!

    ReplyDelete
  18. gw ska bngett...
    I LIKE IT...

    ReplyDelete
  19. good job my friend...

    ReplyDelete
  20. pacar boleh ganti, tapi sahabat tetap di hati

    ReplyDelete
  21. i like it story

    ReplyDelete
  22. cerpen na baguz2.. i like..

    ReplyDelete
  23. cerpen na bagus2 banget..

    ReplyDelete
  24. waw bagus bbangetz.............

    ReplyDelete
  25. Bagus yaa..

    aku punya cerpen tapi masih butuh editor ne.. help me yeahh

    http://mrlovian.blogspot.com/

    ReplyDelete
  26. Milla Firza ArrayanFriday, 28 October, 2011

    Sahabat ada di saat kita susah maupun senang saling mengsupport satu sama lain,,,

    ReplyDelete
  27. Bagus sekali ceritanya... Terharu aku :P
    Persahabatan emang yang terindah deh... ehheh

    ReplyDelete
  28. ceritanya bagus! aku suka

    ReplyDelete
  29. keren...mirip bgt dengan kisah persahabatan mantan pacarku dengan sahabatnya

    ReplyDelete
  30. sama dngan kisah ku ...

    sahabat memang yg terbaiik .

    mao mati demii temand ..

    cari shabat kanyak gitu'10001 di dunia ..
    @nazar , tasor , tohir , ipul iian ,
    shabat trbaik yg aku temukan

    ReplyDelete
  31. boleh di copy ga???
    butuh buat tugas sekolah ni...
    hehehhe
    thanks ^^

    ReplyDelete
  32. iihhiiirrr
    gra gra crpen nie au cnang

    ReplyDelete
  33. Cerpennya Bagus Amet kk !!

    ReplyDelete
  34. bgus bnget kk..^^
    lain kli buat yg lbh bgus lgi y...?!

    ReplyDelete
  35. wew kasih tau donk cara bkn cerpen ada tugas nih

    ReplyDelete
  36. kak aku copy ceritanya ya? aku butuh buat tugas sekolah:)

    ReplyDelete
  37. boleh d copy gak??
    butuh banget buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  38. boleh di copy gak?
    aku butuh banget cerpennya,buat tugas sekolah...

    ReplyDelete
  39. aduh
    di suruh buat cerpen

    lagi cari" inspirasi nee..

    ReplyDelete
  40. , sma am ksah que tuch ..prshabatan emg prlu d jaga
    ,c0z bgku prshbtan thu indah bgtz ....

    ReplyDelete
  41. wowowow
    gw di suruh sm guru gw di cari cerpen lu smua mw gx bantuin gw?..........

    ReplyDelete
  42. ELOX buanget wiiiii!

    ReplyDelete
  43. the best......
    emank sa habat itu takAn pernah trganti poSIsinya oleh siapapun.(*.!)...

    ReplyDelete
  44. boleh di copast gak
    buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  45. aku ijin kopy cerpen ini ya bagus nih ceritanya hehehehhehe

    ReplyDelete
  46. saya izin Copy ceritanya ya...

    ReplyDelete
  47. jadi kangen dengan sohib2 yg jauh disana..

    ReplyDelete
  48. aku izin copas ya .. :)

    ReplyDelete
  49. kren abis!
    Q brharap prsahabatan km jg bgtu-_-

    ReplyDelete
  50. gmana cara nyedot nya ini gan ???mhon pencerhannya...tks

    ReplyDelete
  51. aq mau bagi2 cerita tp aq ga tau hrus kirim kmn naskah nya ya..??tlg dunk..inputnya..

    ReplyDelete
  52. kata siapa ini cerpen kepanjangan ?
    cerpennya bagus. . .

    ReplyDelete
  53. like this (y)
    aku boleh salin gak ?

    ReplyDelete
  54. boleh ngak di copy buat tugas
    please........

    ReplyDelete
  55. jadi kepikiran buat blog tentang cerpen.. sepertinya bagus juga.

    ReplyDelete
  56. hem ada yg lain g?

    ReplyDelete
  57. terlalu panjang jadinya males baca dech....

    ReplyDelete
  58. sahabat is the best

    ReplyDelete
  59. prshbtn ituuue sngattt lcc indah & pntink kta tkk bza hdup tnpa ornk laen ........ kta zngt lcc membtuhkn orhnk laen ...

    ReplyDelete
  60. seandainya sahabat.ku seperti tokoh2 dlm cerpen itu..

    ReplyDelete
  61. kapan y punya sahabat kek gitu??..hmmm

    ReplyDelete
  62. wao keren kali cerita nya

    dan menarik sekali untuk di baca

    ReplyDelete
  63. persahabatan yg indah....

    ReplyDelete
  64. Aq ingin menjadi dan memiliki sahabat seperti mereka.

    ReplyDelete
  65. Bagus bangetzzz cerpennya

    ReplyDelete
  66. I like this story
    can you makes some love story for my class project?


    Alex

    ReplyDelete
  67. wow cerpen yg kerenn...

    ReplyDelete
  68. Cerpennya aku ganti sedikit ya.. tugas sekolah nih hehehe... :)

    ReplyDelete
  69. wahh...
    bagus banget..

    ReplyDelete
  70. bagus...ceritanya

    ReplyDelete
  71. .aku izin posting ke blog q.., makasihh

    ReplyDelete
  72. cerpen kw cukup bangus..
    cuma isi cerpen it biasa aj..
    cerita2 ini dah sering qta baca n dengar..
    buat cerpen/cerita lbh menarik lg y..
    aq tunggu yg baru...
    ^.^

    ReplyDelete
  73. ceritanya bagus,bahasanya juga mudah dimengerti di kalangan remaja..

    ReplyDelete
  74. ceritanya bagus,juga bahasanya mudah dimengerti

    ReplyDelete
  75. emmm...
    kurang harmonis alurnya...

    ReplyDelete
  76. y bgi - bgi ilmu dong ksih tau bgaimana bikin cerpen

    ReplyDelete
  77. thankyou udah buatin cerpen ini jadinya aku gak dimarahin guru ku

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca