Skip to main content

Klarifikasi Artikel Ufo Sleman

Seperti sudah diberitahukan sebelumnya bahwa penulis artikel dan narasumber hingga hari ini, Rabu (26/1) belum bisa dihubungi.

Sebelum di-edit, dalam artikel fakta di balik jejak Ufo Sleman disebutkan nama Universitas tertentu. Melihat sekarang berita crop circle itu semakin liar di beberapa media, founder Studentmagz.com belum bisa menghubungi penulis meminta kembali mengkonfirmasi narasumbernya, walaupun ia sempat mengatakan sang mahasiswa belum online juga sejak terakhir chatting Senin (24/1) 23:30 malam lalu.

Di sisi lain, Tim Lapan menyebutkan arah jatuh padi jejak Ufo di Sleman searah jarum jam menguatkan statement dalam artikel tim Studentmagz.com yang mengatakan padi jatuh searah.

Banyak penggila Ufo tidak percaya bahwa crop circle itu buatan manusia, mungkin karena mereka belum melihat cara membuat crop circle yang katanya jejak Ufo itu.

Klarifikasi Artikel dan Pemberitaan Media
Berdasarkan artikel pada Fakta di Balik Ufo Sleman, ada beberapa hal yang harus diluruskan, karena beberapa pemberitaan media yang merujuk pada Studentmagz.com kurang akurat. Tidak sesuai seperti yang tertulis.

- Alat Pembuat Crop Circle
Tim Studentmagz.com tidak pernah menyebutkan bahwa narasumber (mahasiswa) menggunakan pembajak beroda, tapi hal itu adalah sebuah analisa sang penulis.

- Mahasiswa Universitas Tertentu
Beberapa forum membuat judul besar bahwa 6 orang mahasiswa sebuah Universitas di Jogja, namun dalam artikel Ufo Sleman terpaksa di-edit karena baik penulis maupun narasumber belum bisa dikonfirmasi dua kali soal ini. Tapi si penulis mengaku kepada founder bahwa ia kenal dengan narasumber yang benar-benar kuliah di Jogja, tapi apa benar di Universitas yang disebutkan itu? Di Jogja juga masih banyak kampus lain.

Dari tidak bisa dihubunginya nara sumber dan penulis oleh tim kami, maki Studentmagz.com berkesimpulan bahwa tentu ada dua penyebabnya:

Pertama, nara sumber berbohong lalu takut dicerca banyak dan menyembunyikan identitas diri. Sang penulis, mungkin, merasa dibohongi dan malu karena dalam penulisan tidak melakukan cross-check terlebih dahulu.

Kedua, memang benar sang mahasiswa yang katanya kuliah di Jogja itu pelaku pembuat crop circle di Sleman nya, jadi tidak heran kalau dia bersembunyi karena kepolisian Sleman akan menangkapnya. Sementara sang penulis juga takut diinterogasi, dan takut disalahkan telah membuat artikel yang tak berimbang...

Nah, jika ada kalangan netter dan forumer mengatakan bahwa artikel Fakta di balik Ufo Sleman itu Hoax alias sampah, sah-sah saja. Karena pihak Studentmagz.com merasa tidak ada yang dirugikan dengan tulisan tersebut. Tapi jika ada yang keberatan dengan artikel itu silakan beritahu kami lewat kontak.

Comments

  1. coba deh mana ID yg diajak penulis chat itu...??
    kita bantu analisa..

    ReplyDelete
  2. Masyarakat sudah susah, ayo segera ganti rugi tuh akibat yg kalian lakukan, jgn cari sensasi saja gak mau tanggung jawab pembuatnya itu.

    ReplyDelete
  3. kreatif, tapi... gmn dengan empunya sawah, Harus ada geNti rugi, kasian yg punya sawah Udah di obrak-abrik,,


    piss bro

    ReplyDelete
  4. bagaimanapun si pembuatnya harus bertanggung jawab kepada pemilik2 sawah tsbut.... sdh buat sensasi malah kabur.......

    ReplyDelete
  5. bagus man. tapi kok cuma kecil.
    hahahahahahaha
    besok buat lagi ya, tapi di ladang tebu

    ReplyDelete
  6. yang buat crop circle...klo manusia...
    baca nie...
    http://www.tribunnews.com/2011/01/26/polisi-pembuat-crop-circle-bisa-dihukum-4-tahun-penjara
    dah siap dipenjara lum loe??? bentar kok cm 4 tahun...loe kan masih muda...
    apa loe cuma PENGECUT??? beraninya sembunyi di ketiak mami loe??? mati aja sono!!!

    ReplyDelete
  7. Crop circle nya keren dan unik!koq bisa y buat crop circle disawah?idenya bagus,jamin deh pasti terkenal ntar tuh...Minta maaf lah sama yg punya sawah,tapi at all seni nya keren..

    ReplyDelete
  8. halah, cuma pengen cari sensasi aja, hoax yg menarik~_~
    coba ada buktinya pasti lebih berbobot britanya kan!

    ReplyDelete
  9. mahasiswa kelakuan anak SD.. swt.. pantesan ni negara ga maju-maju..

    ReplyDelete
  10. keren coy, besok buatnya yang lebih gedean lg ya, wkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
  11. KEREEEEENNNN TUH GAN... ENT LAYAK DAPAT PERTAMAXXX... LANJUTKHANNNN...

    ReplyDelete
  12. jika itu memang dibuat oleh mahasiswa, saya sangat salut sekali karena bisa menghebohkan se Indonesia dan berita berita, sensasi yg hebat.
    Saran saya lanjutkan pembuatan corpcircle itu, jangan takut jika diburu polisi, pihak univ. Juga akan mengganti rugi jika benar itu adalah dari mahasiswa mereka, buatlah teka teki lagi untuk membongkar siapa yg membuat corp circle itu..
    Salut salut, lanjutkan!

    ReplyDelete
  13. ckckck berani berbuat ga berani bertanggung jawab..

    ReplyDelete
  14. lempar circle crop sembunyi diri.. ( mahasiswa kok pengecut.. ).

    ReplyDelete
  15. Gob*ok lo yg buat..

    ReplyDelete
  16. kreatifitas yg sangat bagus,.mgkn jka diaplikasikan ke tempat/subjek yg benar maka akan mjd sbuah arya seni g mmebanggakan generasi muda

    tingkatkn kreatifitas tp inget hrs sesuai koridor jalur busway^jalur yg benar,shg tidak ada yg dirugikan,.dan harusnya hasil karya itu mjd bermanfaat bagi umat

    ReplyDelete
  17. jempol buat sang penulis.... saya masih penasaran ,mohon founder kupas tuntas hal ini biar jelas....

    ReplyDelete
  18. GW salut ma orang2 indonesia yg penuh kreatif.... Crop Circle di sleman itu sangat kreatif,,, & juga berguna untuk menarik wisatawan untuk datang....

    ReplyDelete
  19. laen kali buat di ladang ganja aja gan...
    kasi CENDOL..

    ReplyDelete
  20. uda sawahnya rusak,jatoh korban jiwa pula..hayo pak polisi tangkep aja pembuat crop circle itu

    ReplyDelete
  21. jangan2 usaha untuk mematakan FAKTA adanya makluk asing (UFO), kalau memang mahasiswa ,tolong direka ulang dengan durasi waktu singkat yang sama dengan kronologi kejadian (jangan2 ntar selesainya sampai seminggu hehehe),

    tambah satu lagi dibuat dalam kondisi gelap (malam hari) dan cuaca yg extrim sama seperti malam kejadian, truss disemprot pakai air dari pemadam kebakaran untuk simulasi hujan, untuk membuktikan apa betul buatan manusia.

    klo mahasiswa tsb bisa berhasil mendemokan saya yakin dan percaya anda pasti mendapat tawaran (imbalan) yang sang luar biasa

    ReplyDelete
  22. yang punya sawah udah dapet untung kali dari biaya parkir.. [Beneran loh] ,untungnya udah lebih dari hasil padi yang dibikin crop circle kali..

    ReplyDelete
  23. yang buat crop circle sangat kreatif hehehehe

    ReplyDelete
  24. mahasiswa sok pintar itu harus ganti rugi kerusakan lahan sawah..ini sudah melanggar hukum pidana,krn merusak sawah milik orang lain,merugikan orang lain..kasian para petani yg mengalami gagal panen krn kelakuan biadab mahasiswa sok itu...

    ReplyDelete
  25. Salut buat yang bikin crop circle.
    Kritikan bagus buat mayoritas masyarakat Indonesia yang masih percaya mistik, UFO, dan hal-hal yang nggak logis lainnya.
    Makanya, jangan kebanyakan nonton sinetron apalagi gosip infoTAInment. Baru dikerjain dikit aja, KENA DEH LO... pada geger semua.

    Btw, to creator : hbs ini ganti rugi sawahanya pak tani ya.... kasihan gak bisa panen

    ReplyDelete
  26. Salut buat yang bikin crop circle.
    Kritikan bagus buat mayoritas masyarakat Indonesia yang masih percaya mistis, UFO, dan hal-hal yang nggak logis lainnya.
    Makanya jangan kebanyakan nonton film, sinetron, apalagi gosip infoTAInment. Baru dikerjain dikit aja. KENA DEH LO... pada geger semua.

    Btw, to creator : habis ini ganti rugi sawahnya pak tani ya... kasihan gak bisa panen.

    ReplyDelete
  27. makanya jangan kebanyakan nonton film....
    kena tipu UFO lo...

    ReplyDelete
  28. ANE DUKUNG PEMBUAT C.C. SUKSES DAN BERHASIL MENGAPLIKASIKAN SCIENCES & ART ,, SALUUUTTT... SALUUTTT...
    LANJUTKAN!!! KALO BISA KALAHKAN REKOR CROP CIRCLE DI INGGRIS(LEBAR 100 METER)
    HIDUP SCIENCES!!

    ReplyDelete
  29. makanya jangan kebayakan nonton film...
    kena tipu UFO lo...

    ReplyDelete
  30. memang kreatif dan menghebohkan cuman perlu ada wadah yang menampung kegiatan seperti ini agar tidak merugikan dan menimbulkan korban jiwa
    perlu bimbingan moral tentuna..berani berbuat berani bertanggungjawab

    ReplyDelete
  31. Menurut ane sih akal-akalan si mahasiswa aja,kalo mereka berani coba buktikan dimasyarakat dan tentu saja media massa cetak maupun elektorik bila perlu disiarkan langsung oleh Stasiun TV.Kalau mereka benar berbuat ya ganti rugilah,kalau salah maka mereka akan disebut Orang Gila yang Numpang Keren dgn latar belakang Citivitas Akademi UGM.

    ReplyDelete
  32. kreatif...bagus...berani...coba yang laen cuma bisa ngomong doang (sama seperti yng nulis)..pokoknya bagus berani dan kreatif banget ....sayangnya padi org cing ...mau dipanen lagi ....

    ReplyDelete
  33. hmm apik kok..weekk

    ReplyDelete
  34. menurutku gpp juga bikin crop circle gitu, asalkan tuh orang minta ijin dulu sama yang punya sawah dan tentunya sama kampus kalo dia seorang mahasiswa...
    kalo kampus tau kan malah lebih enak itu,pasti lebih mudah bikinnya karna itu kan termasuk seni juga... kapan lagi ada jejak ufo diindonesia...
    ya walopun cuma bikinan hihihi....

    ReplyDelete
  35. keren juga...tapi bertingkahlah sebagai laki2 sejati bukan banci..Tanggung Jawab Donk!!!

    ReplyDelete
  36. mantab, salut jika memang benar-benar mahasiswa yang buat. disisi lain memang merugikan petani pemilik sawah, karena sawahnya dirusak. tapi kehebohan ini justru bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal, bahkan mancanegara untuk datang ke jogja pasca terpuruk akibat bencana.

    buat pembuat: ide kalian sangat kreatif, lanjutkan dan mengaku saja siapa kalian, karena sebagian orang justru BANGGA melihat keberhasilan kalian membuat Crop Circle yang indah dalam waktu singkat.

    Buat polisi: jangan perkarakan si pembuat, ini bisa dimusyawarahkan pada para pemilik lahannya terkait ganti rugi. toh, jika ada yang mau ganti rugi pastinya pemilik lahannya akan legowo. memang negara ini negara hukum,tapi jika ada yang mengaku dan menyerahkan diri dan siap mengganti rugi (ganti untung,-red) mohon diperingan hukumannya...

    ReplyDelete
  37. ini adalah hal memuakkan kedua setelah Gayus

    ReplyDelete
  38. efek : ada yang mati disambar petir

    ReplyDelete
  39. kumpulkan mahasiswa itu satu sel dengan GAYUS

    ReplyDelete
  40. Tidak perlu dipermasalahkan... itu seni, perlu kita hargai... tetapi yang membuat seni itu merugikan harus tolong diganti untung. Bereskan... ga perlu di cerca apalagi kita maki...

    ReplyDelete
  41. mahasiswa itu pasti mata-mata UFO di bumi

    ReplyDelete
  42. Masa kecil kurang bahagia

    ReplyDelete
  43. "Dr Chairil Anwar, Dekan FMIPA UGM , 26 Januari 2011 menilai tindakan membuat crop circle yang bikin heboh warga itu tidak termasuk tindakan kriminal. Sebaliknya, ia menilai sebagai hasil kreativitas yang pantas dihargai"
    KOQ BISA DIKATAKAN TIDAK TERMASUK TINDAKAN KRIMINAL...? Apakah merusak sawah (hampir panen) bukan kategori tindakan kriminal...? Kreativitasnya boleh dihargai tapi Implementasinya yang SALAH. Tadi seorang DEKAN lho yang ngomong, silahkan di cek http://id.news.yahoo.com/viva/20110126/tpl-crop-circle-ugm-siap-bayar-ganti-rug-fa55e98.html

    ReplyDelete
  44. pejabat universitas yang mau mengganti kerusakan sawah, pakai juga donk otaknya, kasih sumbangan ke keluarga mahasiswa yang mati

    ReplyDelete
  45. bikin sensasi aja kali biar ngalihin masalah yang lagi rame tuh, ya... kaya gayus lama-lama bisa terlupakan.

    ReplyDelete
  46. wah,,,kreatif banget...
    tapi kreatifnya pada tempat yg salah,,,
    sayang banget,.,.,.

    ReplyDelete
  47. Ah lo semuanya bacod",yg main salah" in orang juga bacod doang kalian,emang mereka salah,tapi enggak seharusnya lo" pada marah" sama mereka,sirik kan kalian?
    hahaha........
    bagiku cropo circle tu suatu seni yg cukup menarik,mau sawah orang di pakek baut bikin crop circel kek,ldang orang kek gak urusan,selama mereka mau bertanggung jawab dengan ganti rugi sudah cukup,pakek di penjara segala,emangnya mereka bunuh orang?
    itu cuma merusak tanaman bro,tanaman gak seberapa di bandingin nyawa,kalau mau UGM beli sama sawaH"nya juga bisa,kwkwkw................

    ReplyDelete
  48. ikut memantau kabar selanjutnya karena belum valid jadi belum bisa ngasi komentar.....

    ReplyDelete
  49. KREATIFITAS YANG MANTAP. salutttttttt......
    PASTI YANG BISA BUAT CROP CIRCLE ORANG PANDAI....

    ReplyDelete
  50. ada hal yang bisa dijelaskan ilmu pengetahuan, ada juga yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan. jika memang itu dibuat oleh mahasiswa, salut dan jempol untuk dia. lebih bagus lagi kalo dia mau mendemokan di depan publik bagaimana membuat desain itu dalam waktu satu malam, dengan penerangan seadanya, dan dalam keadaan cuaca yang kurang bagus, tapi bisa menghasilkan desain crop circle yang 'lumayan'.

    ReplyDelete
  51. bagiku ini memang bener dilakukan ufo..

    ReplyDelete
  52. yang lebih besar sekalian se diy ben cepet puas

    ReplyDelete
  53. oh ya, studentmagz juga harus tanggungjawab mencari "mahasiswa"2 yg menyebabkan kematian penonton crop circle itu...

    ReplyDelete
  54. karya seni yang indah, tpi kasian sawah punya orang yang harus rugi...
    tapi ada baiknya juga buat menarik perhatian wisatawan untuk datang k jogja

    ReplyDelete
  55. gw salut sama yng buat crop circle, bener bener bagus... bisa buat heboh ,tp kalo bisa jangan di areal pesawahan ..kasihan petani..

    ReplyDelete
  56. mantap tuh yg buat cropcircle... maju terus karya seni indonesia.. cuma gw punya saran nih. kalo bisa jangan di sawah milik orang lain...

    ReplyDelete
  57. Maaf, trafik site ini naik 500% gara2 si circle. Salah satu efek yang bagus.

    ReplyDelete
  58. Saya kemaren abis liat crop circlenya, kreatif abis itu yang buat, posisinya juga pas di deket bukit menarik dan terlihat utuh jika dilihat dari ketinggian bukit. Saya pikir itu juga menambah pendapatan penduduk setempat, pengujung di tarik 3ribu/motor, waktu saya disana ada ribuan pengunjung, bahkan siang hari ketika saya mau pulang masih banyak yang antri mau masuk. banyak juga itu hasilnya, kalau untuk menganti sawah yang rusak udah sangat-sangat berlebih.jadi tak perlulah polisi mengkriminalkannya. mending polisi ngurusi koruptor yang jelas2 merugikan banyak orang.

    ReplyDelete
  59. Mahasiswa masang berita kok ora dipikir sik ki piye to??? gawe isin UGM ae kowe ki dus.. eh dab...

    ReplyDelete
  60. klo matematikawan tau lah cara bikin ini CC.

    HIDUP SAINS!!!!

    ReplyDelete
  61. kenapa harus disalahkan yang bikin crop circle dg kematian si penonton CC?

    toh kapan aja dimana aja kita bisa mati. kaga pake nonton tu CC juga tar yang mati ya mati.

    lagian itu kan kesadaran dia sendiri buat datang ke lokasi CC yg berbukit n becek. Resikkonya ya kepeleset. Klo ga patah2 ya mati.

    PLEASE INDONESIA. BERPIKIR TERBUKA!. Emangnya tu penonton yg mati di paksa kesana? kaga kan?.

    So, ganti rugi? enak donk klo ganti rugi dg alasan mati krna liat crop circle.
    Orang lagi liat tipi juga bisa mati noh,, tuntut tu tipi. haha

    ReplyDelete
  62. "KOQ BISA DIKATAKAN TIDAK TERMASUK TINDAKAN KRIMINAL...? Apakah merusak sawah (hampir panen) bukan kategori tindakan kriminal...?"

    tuh dosen memang bodo kok.

    btw, yang membuat crop circle bukan bertujuan seni di otaknya, tapi bertujuan sensasi, tanpa mikir panjang.

    jangan kait2kan dengan seni, jangan kambing hitamkan seni..

    ReplyDelete
  63. kalau emang betul tu bikinan mahasiswa... aduh tu mahasiswa bukan kaum intelektual tapi kaum teleklincung....bukan pinter tapi kepinteren...malu aku..

    ReplyDelete
  64. "KREATIFITAS YANG MANTAP. salutttttttt......
    PASTI YANG BISA BUAT CROP CIRCLE ORANG PANDAI.... "

    bikin crop circle itu kapasitasnya orang bodo bro, bukan orang pandai. orang gak sekolahpun bisa.. gak perlu ilmu matematika. cukup seutas tali, tiang kecil, papan buat nginjek padi, thats all.

    lha kalau sekolah kesitu cumen buat bisa bikin crop circle, bubar aza

    ReplyDelete
  65. "ANE DUKUNG PEMBUAT C.C. SUKSES DAN BERHASIL MENGAPLIKASIKAN SCIENCES & ART ,, SALUUUTTT... SALUUTTT...
    LANJUTKAN!!! KALO BISA KALAHKAN REKOR CROP CIRCLE DI INGGRIS(LEBAR 100 METER)
    HIDUP SCIENCES!!"

    ooooo ini tho aplikasinya science, hasil sekolah berlama2. kaciannnnnn

    ReplyDelete
  66. "Anonymous said...

    klo matematikawan tau lah cara bikin ini CC."

    Anak SD/SMP juga bisa

    ReplyDelete
  67. "ANE DUKUNG PEMBUAT C.C. SUKSES DAN BERHASIL MENGAPLIKASIKAN SCIENCES & ART ,, SALUUUTTT... SALUUTTT...
    LANJUTKAN!!! KALO BISA KALAHKAN REKOR CROP CIRCLE DI INGGRIS(LEBAR 100 METER)
    HIDUP SCIENCES!!"

    Science itu udah jauh maju didepan, kalau CC mah science kelas krucuk

    ReplyDelete
  68. Science itu mbok yao.. ngitung ketepatan mendarat di suatu titik lokasi di Planet Mars, dan route jalan kembali ke Bumi.

    BUKAN CC GINI !!!!. Ini sih bukan science, tapi baheula, ancient, jaman batu

    ReplyDelete
  69. MATEMATIKA, FISIKA, KIMIA, ITU HARUSNYA BIKIN RANCANGAN RUDAL JELAJAH BERJANGKAUAN 1200 KM YANG BISA MENGHANTAM PANGKALAN UDARA BUTTERWORTH MALAYSIA, KALAU PERLU.

    LHA INI... BIKIN BUNDER-BUNDERAN, NGISIN-ISINI !!!

    KOWE IKI CAH SEKOLAH ENDI THO LE ????

    ReplyDelete
  70. 60 tahun merdeka, hasilnya : crop circle !!!
    sekolah tua, ilmunya tua

    ReplyDelete
  71. Mengapa bikinnya di tengah sawah ya..? kepana gak dibikin di lapangan bola saja? kita2 jadi mudah menontonnya.

    ReplyDelete
  72. bikin tuh formulasi menembak satelit mata-mata asing yang melintas wilayah indonesia.

    ehhhh malah bikin bulat2 gak karuan

    sopo tho nak gurune ???

    ReplyDelete
  73. jangan-jangan mahasiswa itu alien semua ? Turun dari piring terbang terus bikin Crop C. ? Kenapa jg ya mesti turun dari piring terbang, kan bisa dibuat dengan cara mendaratkan piring terbangnya ? ...hmm mungkin perjanjian dari upahnya harus turun dari piring terbang.. knp gak ditinggalin aja alien2 itu? ..ngantuk ah.. hoaaammm..

    ReplyDelete
  74. Ayo dong bikin Crop Circle lagi, udah penat ini ingin liburan :d

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca