Skip to main content

Pergaulan Bebas Kalangan Remaja, WASPADA!

Kumpulan Artikel Pergaulan Bebas Bisa Didownload Dibawah.

Index Pergaulan Bebas Artikelnya Bisa didownload dibawah ini.
- Dampak Pergaulan Bebas
- Pemicu Pergaulan Bebas
- Aids, Narkoba dan Pergaulan Bebas
- Pemuda dan Pergaulan Bebas
- Dampak Prilaku Seks Bebas Bagi Kesehatan Remaja
-
Pergaulan Remaja dan Seks Bebas


Stop Seks BebasMasa remaja adalah masa yang paling berseri. Di masa remaja itu juga proses pencarian jati diri. Dan, disanalah para remaja banyak yang terjebak dalam pergaulan bebas.

Menurut Program Manajer Dkap PMI Provinsi Riau Nofdianto seiring Kota Pekanbaru menuju kota metropolitan, pergaulan bebas di kalangan remaja telah mencapai titik kekhawatiran yang cukup parah, terutama seks bebas. Mereka begitu mudah memasuki tempat-tempat khusus orang dewasa, apalagi malam minggu. Pelakunya bukan hanya kalangan SMA, bahkan sudah merambat di kalangan SMP. ‘’Banyak kasus remaja putri yang hamil karena kecelakan padahal mereka tidak mengerti dan tidak tahu apa resiko yang akan dihadapinya,’’ kata cowok yang disapa Mareno ini pada Xpresi, Rabu (20/8) di ruang kerjanya.

Sejak berdirinya Dkap PMI tiga tahun lalu, kasus HIV dan hamil di luar nikah terus mengalami peningkatan. Setiap bulan ada 10-20 kasus. Mereka yang sebagian besar kalangan pelajar dan mahasiswa ini datang untuk melakukan konseling tanpa didampingi orang tua. ‘’Rata-rata mereka berusia 16-23. Bahkan ada yang berusia 14 tahun datang ke Dkap untuk konsultasi bahwa ia sudah hamil. Mereka yang melakukan konseling, ada datang sendiri, ada juga dengan pasangannya. Sebagian besar orang tua mereka tidak tahu,’’ ujarnya.

Meskipun begitu, lanjutnya para remaja yang mengalami ‘kecelakaan’ ini tak boleh dijauhi dan dibenci. ‘’Kita tidak pernah melarang mereka untuk melakukan hubungan seks, karena ketika dilarang atau kita menghakimi, mereka akan menjauhi kita. Makanya, Dkap disini merupakan teman curhat mereka dan kita memberikan solusi bersama. Seberat apapun masalahnya, kalau bersama bisa diatasi,’’ ungkapnya lagi.
Bukan hanya remaja nakal saja yang terjebak, anak baik pun bisa kena. ‘’Anak baik yang disebut anak rumah pun ada yang mengalami ‘kecelakaan’,’’ ucapnya.

Oleh sebab itu, sangat diperlukan pancegahan dini dengan memberikan pengetahuan seks. ‘’Pendidikan seks itu sangat penting sekali. Tapi, di masyarakat kita pendidikan seks itu masih dianggap tabu. Berdasarkan pengamatan kami, banyaknya remaja yang terjebak seks bebas ini dikarenakan mereka belum mengetahui tentang seks. Seks itu bukan hanya berhungan intim saja. Tapi, banyak sekali, bagaimana merawat organ vital, mencegah HIV dan lainnya. Pelajari seks itu secara benar supaya kita bisa hidup benar,’’ tuturnya.

Sementara itu, Martha Sari Uli pelajar SMAN 4 Pekanbaru mengaku interaksi bebas di kalangan remaja dalam pergaulan bebas, identik dengan kegiatan negatif. ‘’Banyak anak-anak remaja beranggapan bahwa masa remaja adalah masa paling indah dan selalu menjadi alasan sehingga banyak remaja yang menjadi korban dan menimbulkan sesuatu yang menyimpang,’’ ungkapnya ketika diminta komentarnya mengenai pergaulan bebas di kalangan remaja.

Senada dengan itu, Debora Juliana juga pelajar SMAN 4 Pekanbaru mengatakan pergaulan bebas itu saat ini sudah tidak tabu lagi, dan banyak remaja yang menjadikannya budaya modern. ‘’Pergaulan bebas berawal ketika remaja mulai melakukan perbuatan yang keluar dari jalur norma-norma yang berlaku di sekitar kehidupan kita. Sekarang banyak banget anak-anak seumuran kita sudah keluar dari jalurnya,’’ ujar cewek kelahiran 18 Juli 1993. ‘’Kalo aku nggak pernah melakukan hal tersebut dan jangan sampai lah,’’ tambahnya.

Di tempat terpisah, Ketua MUI Provinsi Riau Prof Dr H Mahdini MA mengatakan data yang ditemukan lebih banyak lagi anak-anak yang melakukan seks bebas. Maka diperlukan pencegahan. ‘’Saya meminta semua kalangan, baik para pendidik, orang tua, dan tokoh masyarakat agar memfungsikan tugas-tugas sosialnya,’’ pintanya.

Banyaknya kalangan remaja yang melakukan seks bebas, lanjutnya diindikasikan ada jaringan tertentu yang menggiring anak-anak ke hal yang negatif. Oleh karena itu, MUI menghimbau untuk menutup tempat yang berbau maksiat. ‘’Menutup tempat maksiat itu jauh lebih penting demi generasi muda,’’ sarannya.

Ditingkat pergaulan dalam kondisi hari ini, anak-anak bisa saja berbohong. Oleh sebab itu, sambungnya pengawasan orang tua harus diperketat. Tentu saja contoh perilaku orang tua sangat berperan.

Ia berharap, semua sekolah-sekolah tanpa terkecuali memperkuat kembali kehidupan beragama. ‘’Kita harus menanamkan nilai-nila agama sejak dini sehingga mereka memiliki kepribadian yang kuat,’’ katanya.

Hal yang sama juga diutarakan Drs Ali Anwar, kepala SMA 5 Pekanbaru. Menurutnya, akibat perkembangan zaman, ketika agama tidak lagi menjadi pokok dalam kehidupan banyak remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas. ‘’Solusinya, kuatkan lagi ajaran agama. Baik di sekolah maupun di rumah agama merupakan kebutuhan pokok,’’ ucapnya.
Selain itu, orang tua harus lebih memperhatikan anaknya. ‘’Orang tua dan anak harus selalu berkomunikasi. Sehingga tahu persoalan anak,’’ ungkapnya.

Menyikapi hal ini, kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Drs HM Wardan MP mengatakan akan melakukan komunikasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota untuk membuat surat edaran ke sekolah-sekolah dalam mengantisipasi hal tersebut. ‘’Kita berharap jangan sampai terjadi hal tersebut karena akan merusak diri sendiri, sekolah, agama dan daerah,’’ ujarnya ketika ditemui usai acara pelantikan Persatuan Anak Guru Indonesia (Pagi) Provinsi Riau, Rabu (20/8) malam di Hotel Sahid Pekanbaru.

Comments

  1. artikelnya oke punyaaaaaaa tuch

    mau cari uang klik aja www.bisnisgratisan-blogsakti.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mntep tuch blog ny..
    w dkung. . .cz skrng ne dah bnyak bgt cwe2 dbwh umur dah hamil. .gila ga tuch
    Bkannya skolah n blajar dg baik tp mlah hamil dluan..lu kra enak pa pnya anak??
    Skolah dlu,cr krja yg mntep biz tuch gpp lu pd mride. .kcian dnk ma orang tua lu yg dah ssah2 cr duit???

    ReplyDelete
  3. bagus banget ,,
    w setuju banget ,
    lg an si pd nurutin nafsu...
    than ,nnti kalo dah pnter,bnyk duit
    baruu dach!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  4. eeaa bner tuch...
    shrs'a jangan T'lalu ikutin kata htii yg buruk,,
    ntar kanh yg rugi qta sndiri,
    kasian tau kalo ampe hamil,truss d'gugurin..
    beeh,jd ursan akhirat dahk..
    sereeem taauwww!!!!!!!!!!!!!!!!!
    jgn cb2 !!!!
    SAY NO TO SEX,BEFORE MARRIED !!!!???
    KEEY !

    ReplyDelete
  5. Dari pada mikirin pergaulan bebas, mending nih dukung Taman Nasional Komodo dengan Komodo nya supaya masuk dalam final TUJUH KEAJAIBAN DUNIA (CLIK AMIN SAJA)

    ReplyDelete
  6. ..;;.GOBLOG..''
    He cce... u ngaca dund...
    app hsil zg mue dptkn dry seks bebs???
    app mue gug kcian m ortu mue zg wda sush2 cri duit wat ckul mue...!!!
    app mue gug pny pracaan???
    n app mue jg gug pny hrg diri???
    app hny sgitu hrg mue???
    low jdy cce n2w ruz kuat n jgn klah m cco...
    good luck chuy....

    ReplyDelete
  7. qw mendkng bngt ... tp bkn mndkng prgauln bbsx tp mndkng artklx!!!.
    qw jg rmja tp jngn cmpai sprt klian yg mlkukn hal yg tk pnts gtu.qw jg px npsu tuk mlkn hl yg gtu~... tp qw bsa mnhn dri <<< coz IMAN qw kwt.. qw igtn za 'CWOK TU EMNG KY' GTU' mltx tu mns tp htx bsuk... low blh ja pcrn tp jgn klwt bts... n jgn mlht mta cwok coz mta cwok tu brbsa.....

    !!! OK !!!

    ReplyDelete
  8. Tul bwtg tu...
    Bwt nak cwe yg dah pnya cwo hati2 ja...
    Klu bwt cwo jgan rusak masa depan cwe...
    KLuU bener2 cayank m cweU pastiU kan jgaNya...

    ReplyDelete
  9. ga ada sayang itu merusak

    ReplyDelete
  10. "EmG NaK rMja SkRnG BnYk yG NgLAkU'N sEkS BbS ... MrKa hNy bSa nKmTiN V mRkA gX tW RsIkO'Y.." Yg MrKa PkRkAn HnY kNKmTaN ..pDhL tU hNy sMntRa..!!
    rmj skrng bnk'y yg jUal HrG dRi..BnYk cWo Yg nGrA CwE Tu DaH gUg pRwN ..PdHl gUg sMuA Ce sPrT Tu..HnY cE BgO Z Yg KyA gtu..

    ReplyDelete
  11. Fikavalentina@yahoo.comSaturday, 28 November, 2009

    Gla u mSih kciL dah pda tw Sexs, sMpe hmiL gIe!!
    Hruz'a u cMua tUch sKuL, j9n mLh brBuat haL yg nEgatIf..
    IngEt d0nk ma d0sa u!!

    ReplyDelete
  12. Dhiramaniezz@yahoo.comSaturday, 28 November, 2009

    PraGh, hrI 9nie daH da yg hMiL!!
    Hrga dRi u dMna cIe, sMpe n9lakuIn haL NegaTif.. Kcian d0nk Ma 0rtU u, dah sSah2 n9lahIrin U!!

    ReplyDelete
  13. gilak !!!!!!!!!!!

    kecil2 udah brani sex bebas
    kencing ajh blum lurus

    udah bisa blum tuch cowox
    ngasi makan anaxnya ????????

    ReplyDelete
  14. paten tuch aartikelnya!!!!!!!!!!
    emang enax sich sex .
    tapi ada waktunya sob....

    ReplyDelete
  15. Iyang mAnGaTaKan .....oenWednesday, 02 December, 2009

    tul bngt bos!!
    klo mau seks ya tunggu pnyaw istri dulu donk
    baru bisa ne sex sepuas nya

    ReplyDelete
  16. manataaap.bagus bngta ada san yg bgus pmda skrng yg smakin mellangbuana di dunia seks

    ReplyDelete
  17. Qw stju bngettttt nich!!!!!!!!!!!!!!! Qta hrus brntas pergaulan bebas................


    wahyurosi72@yahoo.com

    ReplyDelete
  18. Yapz pergauln bebas memang hrz d msnakan,,,,,,,,,,,,,q sbgai kaum hawa merasa mlu bgt.yg udh pernh trjebak sgera brtaubt.n sbr j,,,,ocey prends!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

    ReplyDelete
  19. bagiku pergaulan bebas adalah suatu kewajaran dimana mengingat jaman yang sudah tua.

    ReplyDelete
  20. sex adalah sorga dunia..............
    sholat adalah jalan......syurga

    ReplyDelete
  21. btul...
    btul..
    btul...

    I agree too

    ReplyDelete
  22. berhubungan seks,membawa nikmat dan sengsara..Tapi mungkin kebanyakan sengsaranya mungkin atau kebanyakan nikmatnya..g' tau bingun ne

    ReplyDelete
  23. di pikir" berhubungan seks ttu enak ,,,,

    tpi sya ggx mau terkna hiv/aids,,,

    saya pengen ngambil yang enak'y ajj...........!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  24. menurut c'imoutz nich
    pergaulann bebas itumenurut saya wajar karena salah remaja itu sendiri karena salah bergaul ea juady mereka bakal nyesel setelah yg mereka lakukan itu seperti narkoba,hubungan seks bebas nd,dll bawelllllllll bangetz sich gue^_^ he...he..

    ReplyDelete
  25. si guardian



    ainx nungarana seks bebas itu ngenaheun apa lagi urang pernah nyobian...... huhuyyyyyyyyyyyyyyy ilove seks and drugs

    ReplyDelete
  26. Buat cWok jgn slalu nyakitin prasaan cWex truz donx.

    ReplyDelete
  27. sexs bwt ank remaja sangatlah membwa bencana ..


    maka untuk remaja indonesia jganlah kau bermain2 dengan sexs ..

    ReplyDelete
  28. knp cinta itu hrus d bktikan dgn seks ???
    low syg hrus tidur breng dlu...gblog bgt ada yg ngmg gtu...
    bwt para cwo jgn suka meremehkan para wanita.......
    fuckk lahh......

    ReplyDelete
  29. sib.............

    ReplyDelete
  30. cinta
    "CUMA INGIN NIKMATI TUBUH ANDA"

    ReplyDelete
  31. seks bebas ?

    NERAKA !!!
    n_n

    ReplyDelete
  32. SEXS???kalau yang halal behhhh r..lau yang haram bek toksahhh..6t merana diri jekkk..lgponnnn mda lg pe kater lau u al tumpukan pd mse dpn u all.. ok pe dpt gak pekdahhhh

    ReplyDelete
  33. masa remaja sekarang ini sangat menyangkutkan maka kita waspalah...........

    ReplyDelete
  34. sexs...ktany nikmt,bner bgt tu..
    lo dah cb pzti ketghan,surga dunia tpi ingt mrid dlu bok..tung9u dlu,sbar!!!!jngn kecl2 maen seenakny j..
    cow tu jgn mnta enkny doang,mkir dong??cewny jg jgn mw dkibulin cow2 yg ndak brtang9ung jwb,enkny ndri dy yg jwb cew yg nang9ung.

    ReplyDelete
  35. Benerr baget ap kata qmu...??

    mKnya mulai cKrg ni kta rus jauhi namanya pergaulan yanf memnuat kita hancurr...or terjebak dalam seks bebas,,,,


    ehm mulai sekarang stop free sexs we all...

    ReplyDelete
  36. pergaulan bebas pada remaja,bikin negara kita rusak.
    remaja" jaman sekarang gak ada yang baik" mungkin.
    seribu satu di dunia ini.

    ReplyDelete
  37. klu bisa masyarakat ikut aktif dalam ..........................................
    ya......... gitcu dech

    ReplyDelete
  38. heeemd...
    sebelum kaliand mengomentari orang laend, mending pada instropeksi diri sendiri dulu ya..?!!! ga ada manusia yang sempurna di dunia inni.. semua orang pasti punya dosa..!!!! kaliand2 semua pada munafik..!!!!!

    ReplyDelete
  39. I'm agree about that. Remaja takkan terkendali selama remaja itu sendiri tidak memperhatikan perkembangan jiwa remaja itu sendiri. belum lagi berkembangnya faktor yang mayoritasnya dari negara Barat. emang perlu banget kewaspadaan! bukan hanya untuk remaja dan orang tua, tetapi untuk kita semua.

    ReplyDelete
  40. .emM....Gue s7 tuchh....!!!!
    ..ckrg tuchh b.ax bgt ce eang ngerelain hrga dri.a ma co cm gra2 CINTA...cinta tuchh g hrz ngrelain sgla.a...jztru shrus.a cinta tuchh bz bkn qt zmgt tux jlnin hal2 eang +...bkn mlah ngruzax....!!!!!
    .jga baex2 eow drimu.......
    .by;TOMU nax tomboy_muzux....succez

    ReplyDelete
  41. betul,betul,betul....!!!!
    setuju banget...!!!
    tanpa banyak komentar..
    aq hanya blang...
    tingkat kan ke sadaran diri dan jngan prnah d klah kn setan/nafsu krna pnyesalan dtang nya blakangan....
    jngan coba2 ya tmen2...

    ReplyDelete
  42. Anjrit blog ini banyak banget alaynya.
    Liad miyabi ngaceng aja loe

    ReplyDelete
  43. bgus bgt artikel'x,
    n bwat pra remaja bleh za brgaul........tp hrus di batasi yach! oche...sii!pPp......

    ReplyDelete
  44. sip...PiRILi............
    ateppppppppppp biyangetz,,,
    skrg nech bnyak remaja yg gx mkir pkek otak,,,
    cma nruti npsu....
    bnyak pla akbt nya yg pada texdung,
    mnggunakan nnma cinta tuk dpati kepuasaan smata,,,
    bullsyit dech bwt org2 yg kekgtu....

    ReplyDelete
  45. Cobalah kndalikan nafsu kalian...
    jngan smp kalian tu d'perbudak oleh nafsu,
    Serta yg pling pnting perkokoh iman kalian,,,
    kalo smua tu bs kalian laksanakan, ins kalian akn mrskan kedamaian n'ketentraman serta selamat dunia n'akhirat...
    Ammiinn.......

    ReplyDelete
  46. Bukannya munafik,,,
    qt tu cm ngingetin serta nyarain bagaimana utk bs jd yg lbih baek...?? Apa itu salah...???

    ReplyDelete
  47. ela etiii slamanyahhThursday, 04 November, 2010

    btuuuuuuuuuuuuuuLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL
    BANGED......................

    emang siii tyap org tuu ad rsa pngend coba pii than donkkkkkkkkkkk


    ingad...ingaddd....
    pesan emak,hehe

    ReplyDelete
  48. bttuuuuuuuulllllllllll bngett ntuugghh..
    ntarr loqq anaq ea lahirrr,,,
    mho d'kseCgh mkanT aphag'anT''''

    ReplyDelete
  49. hati2 skrng banyak pemuda yangbaik di luar ja tp rusak di dalam nya

    ReplyDelete
  50. wach bgus banget artkel.a........
    jdi kita harus hti" dengan pergaulan bebas........
    dan setiap ortu haru menjaga anak.a dra pergaulan bebas........
    pergaulan bebas "NO"
    mengejar prestasi "YES"......
    GOOD LUCK!!!!!!

    ReplyDelete
  51. no sex before married !!!!!!!!

    ReplyDelete
  52. semoga cepat ada perubahan,, sblum jd kyk saiiaa

    ReplyDelete
  53. Tanks yach buat blogx n kembangin lagi yach..............!!!!ok

    ReplyDelete
  54. pelbagaicara telah dilakukan untuk membendung gejala sosial...tapi, mengapa masih tidak berjaya? hhmmm..musykil2...

    ReplyDelete
  55. thanks bnget udah ada artikel,jadi gue ga perlu cari cari alamat lain buat ngerjain tugas :)

    ReplyDelete
  56. hebatz buanget thu,,emAnk jman skrang ABG dah lpha ma hrga dirie,hnya k,na CINTA ,apapun rela

    ReplyDelete
  57. benar...sbg remaja kta hrus menjaga diri kita.....

    ReplyDelete
  58. y.....pti gk smua abg itu sma......

    ReplyDelete
  59. numpang copy ya !

    ReplyDelete
  60. setuju...setujuuuuu...i like
    memang memprihatinkan anak muda sekarang,,smoga bagi para pembaca kususnya remaja,menyadari bahayanya

    ReplyDelete
  61. apha k'panjangan dari departemen DKAP ?
    mksii

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca