23 July, 2008

Kontrol lewat Tangan

MESKI portabel, laptop tidak jarang mempunyai fitur melebihi PC. Misalnya, komputer jinjing yang dikeluarkan Toshiba berikut. Raksasa elektronik asal Jepang itu mengeluarkan seri G55-Q802. Uniknya, gadget tersebut dilengkapi kemampuan input perintah yang unik. Yaitu, melalui gerakan tangan.

Dalam fungsi tersebut, yang menjadi penerima input adalah kamera pada laptop. Untuk menggerakkan pointer, pengguna harus mengepalkan tangan dan memutarnya di depan kamera.

Ketika ingin memilih objek, pengguna harus mengangkat ibu jari dan menekankannya pada kepalan tangan. Kurang lebih seperti ketika menekan tombol pada pulpen. Ketika memutar video dengan laptop, cukup buka kepalan tangan di depan kamera. Video akan otomatis berhenti.

Qosmio G55 mampu melakukan fungsi tersebut berkat sebuah chip bernama Cell. Chip itu juga mampu men-scan semua file
video dalam memori serta memberi indeks pada setiap bagian gambar.

Di samping fitur itu, spek Qosmio G55 sangat mumpuni sebagai laptop dengan fokus pada fungsi hiburan multimedia. Dibekali layar TruBrite Widescreen berukuran 18.4 inci dengan memori HDD hingga 500 GB. Komputer jinjing tersebut menggunakan Toshiba Quad Core HD Processor. Aktivitas editing dan membuat film dengan laptop pun jadi makin cepat.

Toshiba Qosmio G55-Q802 dijadwalkan beredar mulai pertengahan Juli. Bersama-sama dengan dua varian lain Qosmio, yakni F55 dan X305. Sayang, belum ada keterangan resmi terkait harga untuk satu unit Qosmio G55.(Hendrawan/net)
Artikel Terkait
Share this article now on :

0 komentar:

Post a Comment