Skip to main content

Dari Indonesia Internasional Motor Show 2008

Honda Civic HybirdIIMS (Indonesia Internasional Motor Show) 2008 menjadi ajang unjuk kemajuan mobil-mobil berteknologi hibrida yang dipamerkan sejumlah produsen mobil dunia. Perlombaan paling seru ditunjukkan oleh Toyota dan Honda yang menampilkan mobil-mobil hibrida berteknologi mutakhir. Toyota, misalnya, selain masih menampilkan Toyota Prius bermesin 1.500 cc, juga menampilkan Toyota FT-HS.

FT-HS, merupakan mobil konsep yang menggabungkan konsep racing dengan hybrid power train. Secara sederhana, mobil ini serasa mobil Ferrari, tapi dengan bahan bakar seirit mobil empat silinder. Mengandalkan mesin V6 3,5L yang powerful, FT-HS dilengkapi dengan Toyota Hybrid Synergy Drive hingga menghasilkan kurang lebih 400 tenaga kuda dan hanya membutuhkan waktu empat detik untuk akselerasi 0 menuju 60 km.

Dengan kombinasi tersebut, Toyota yakin akan menjadi pelopor untuk menciptakan mobil sport dengan harga kelas menengah. Dengan ketangguhan Ferrari, namun konsumsi bahan bakar seirit mobil empat silinder, bisa dipastikan mobil sport ini menjadi inovasi Toyota yang terlaris.

Toyota juga menampilkan FCHV yang menggunakan mesin hybrid dengan baterai listriknya (fuel cell) yang diklaim mampu menempuh jarak 830 km dalam sekali pengisian bahan bakar. Ini merupakan dua kali lebih panjang jarak tempuhnya dibandingkan mesin versi sebelumnya.

Toyota mengefisienkan pemakaian bahan bakar mesin ini hingga 25 persen, namun lebih bertenaga. Mereka memperbaiki berbagai sistem pengereman hingga mengurangi energi yang diakibatkan oleh alat bantu tambahan yang biasanya ada pada mesin hybrid.

Sementara itu, Honda selangkah lebih maju dengan menampilkan Civic Hibrida yang sudah bisa dibeli pengunjung IIMS 2008. Alhasil, mobil bermesin hybrid yang dibanderol seharga Rp 400 juta itu, pada hari kedua pameran saja sudah terjual dua unit. Mesin Honda Civic Hibrida memadukan teknologi i-DSI dan 3-stage i-VTEC 1.3 liter. Mesin ini sangat hemat bahan bakar karena hanya butuh satu liter untuk jarak 31 kilometer.

Pemegang merek Mitsubishi di Indonesia menampilkan sejumlah mobil ramah lingkungan. Di deretan mobil penumpang, dipajang dua mobil konsep cX (SUV) dan Mobil kompak i-MiEV (Mitsubishi Innovative Electric Vehicle). Mobil mungil ini hanya mengandalkan tenaga listrik sebagai penggeraknya.

Sementara di deretan kendaraan komersial ditampilkan truk konsep Canter Eco-D, yang merupakan dump truck hybrid yang dirancang aplikasi untuk pickup dan delivery. Penggunaannya lebih diutamakan untuk perkotaan. Dengan semangat hemat energi sekaligus melestarikan lingkungan, Menteri Perindustrian, Fahmi Idris pun mengajak masyarakat beralih ke eco car dan mobil hybrid. (mng/net)

Comments

Paling Banyak Dibaca