Skip to main content

Permudah Main Musik via Laptop

Bermain musik kini tidak lagi harus menggunakan instrumen konvensional. Untuk membuat musik bagus, para pengepul melodi bisa menggunakan solusi digital, laptop. Pada 12 Juni, Korg merilis Nanoseries, seri perangkat music controller untuk memudahkan aktivitas bermusik lewat laptop.

Seri tersebut terdiri atas tiga perangkat yang bisa dikoneksikan dengan laptop via USB. Masing-masing adalah nanoKEY, nanoPAD, dan nanoKONTROL. Seluruhnya berdimensi cukup kecil sehingga nyaman diletakkan dekat laptop ketika konser atau dipakai dalam studio rekaman yang tidak terlalu luas.

NanoKEY merupakan perangkat berupa keyboard mini dengan 25 buah tuts yang mampu menjangkau range nada sebanyak 2 oktaf. Fungsinya sebagai alat input melodi yang menghasilkan file lagu dengan format MIDI.

Pada nanoKEY, juga terdapat fitur Octave Shift untuk menjangkau nada-nada yang lebih rendah atau lebih tinggi. Selain itu, terdapat pengatur pitch. Tuts-tuts nanoKEY dibuat dengan sensitivitas cukup tinggi untuk merespons tekanan jari pengguna.
NanoPAD adalah perangkat untuk membuat departemen beat pada musik digital. Pada permukaan nanoPAD, terdapat 12 buah touchpad kecil dan sebuah touchpad yang ukurannya lebih besar.

Fungsi touchpad kecil adalah untuk memasukkan beat pada lagu. Touchpad yang berukuran besar digunakan untuk memanipulasi jenis bunyi-bunyian pada beat. NanoPAD dilengkapi software yang bernama EZDrummer Lite buatan Toontrack.
Alat ketiga, nanoKONTROL, adalah perangkat mixer berukuran mini. Pada alat tersebut, terdapat sembilan fader, sembilan kenop dan 18 tuas yang umumnya terdapat pada perangkat mixer yang biasa dipakai pada proses rekaman.

Bodi luar nanoKEY, nanoPAD, dan nanoKONTROL dibuat dengan bahan mayoritas plastik. Karena itu, sekilas tampak seperti mainan, alih-alih alat musik sungguhan.
Namun yang jelas, harga ketiga perangkat menjadi tidak terlalu mahal. Satu unit nanoKEY dijual seharga GBP 49 atau sekitar Rp 900 ribu. Sementara itu, banderol yang dipasang untuk satu unit nanoPAD atau nanoKONTROL adalah GBP 59, atau sekitar Rp 1.085.000.(Hendrawan/net)

Comments

Paling Banyak Dibaca